Google Peringatkan Kerentanan Keamanan Ponsel Android, Ada Perangkat Samsung dan Vivo

Google Peringatkan Kerentanan Keamanan Ponsel Android, Ada Perangkat Samsung dan Vivo

Teknologi | BuddyKu | Senin, 20 Maret 2023 - 19:29
share

JAKARTA, celebrities.id - Kerentanan perangkat Android, menjadi sorotan Google.

Bahkan raksasa asal Amerika Serikat itu sudah memberikan peringatan ke para penggunanya.

Tak main-main, jumlah perangkat Android yang terdeteksi memiliki kerentanan keamanan sangat baanyak dan beragam, termasuk Google Pixel sendiri, seperti dilansir dari TechSpot, Senin (20/3/2023):

Berikut daftar perangkat yang memiliki kerentanan keamanan.

Tidak hanya yang telah disebutkan di atas, Google juga mewanti-wanti setiap pemilik perangkat wearable yang menggunakan chipset Exynos W920 seperti Galaxy Watch 4 dan 5.

Selain itu juga pemilik kendaraan yang menggunakan chipset Exynos Auto T512.

Google meminta para pengguna perangkat untuk segera menginstal pembaruan keamanan yang sudah disediakan.

Untuk pemilik perangkat yang belum mendapat pembaruan, Google merekomendasikan untuk menonaktifkan panggilan Wi-Fi dan Voice over LTE (VoLTE).

Dua fitur bisa dinonaktifkan lewat pengaturan perangkat. Adapun tujuan penonaktifkan dua fitur untuk menghilangkan risiko eksploitasi kerentanan ini.

Seperti diketahui, sebelumnya tim peneliti Project Zero menemukan kerentanan zero-day di banyak smartphone populer. Tim analis keamanan Project Zero melaporkan 18 kerentanan zero-day di Modem Exynos yang diproduksi oleh Samsung.

Kepala Project Zero, Tim Willis menulis bahwa empat kerentanan paling serius dari delapan belas kerentanan, yang semuanya dilaporkan pada akhir 2022 dan 2023, memungkinkan penyerang untuk mengendalikan telepon dari jarak jauh.

Untuk melakukannya, para penjahat hanya perlu mengetahui nomor telepon target. Mereka akan memperoleh akses total ke semua data yang berpindah, termasuk panggilan, SMS, dan data seluler.

Topik Menarik