Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen

Teknologi | BuddyKu | Senin, 20 Maret 2023 - 16:04
share

JAKARTA, iNews.id - Cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen mungkin banyak dicari para pengguna smartphone Apple. Mengingat seiring penggunaan, kesehatan baterai pun bisa berkurang.

Kesehatan baterai akan terus menurun seiring dengan penggunaannya. Sejumlah orang pun berlomba-lomba mencari cara agar kesehatan baterai itu bisa kembali.

Untuk mengembalikan kesehatan baterai sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena, ada beberapa metode yang dapat dicoba para pengguna smartphone.

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen


1. Kalibrasi baterai iPhone

Anda perlu mengkalibrasi baterai. Tujuannya adalah untuk menormalisasi baterai agar kapasitas daya bisa terbaca dengan akurat. Untuk kalibrasi baterai iPhone bisa dilakukan dengan langkah berikut:

- Isi daya baterai iPhone sampai 100 persen

- Gunakan iPhone sampai baterai habis dan mati secara otomatis

- Isi kembali daya baterai iPhone sampai 100 persen tanpa digunakan

- GGunakan iPhone sampai baterai habis dan mati secara otomatis

- Isi kembali daya baterai iPhone sampai 100 persen

- Ulangi proses yang sama (charge lalu gunakan sampai baterai habis) hingga tiga kali

- Kalibrasi baterai iPhone berhasil dilakukan.


2. Reset iPhone ke setelan pabrik

Mengembikan kesehatan baterai bisa filakukan dengan cara mereset iPhone ke setelan pabrik. Dengan mereset ke setelan pabrik, data-data yang menumpuk bisa dihapus sehingga meringankan beban perangkat.

Tapi jangan lupa untuk melakukan back up data untuk menghindari hilangnya data-data penting dalam iPhone. Nah ubtuk cara mereset iPhone ke setelan pabrik bisa dilakukan dengan langkah berikut:

- Buka menu Pengaturan

- Setelah itu pilih opsi Umum

- Selanjutnya klik opsi Transfer atau Atur Ulang iPhone

- Kemudian pilih opsi Hapus Semua Konten dan Pengaturan

- Tunggu prosesnya selesai dan nyalakan kembali iPhone.


Nah itulah cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen. Bagaimana, mudah bukan? Tapi yang lebih penting dari itu semua adalah bagaimana menjaga kesehatan baterai agar tidak turun drastis.

Cara Menjaga Kesehatan Baterai

Menjaga kesehatan baterai iPhone bisa dilakukan dengan tidak sembrono dalam menggunakan perangkat. Nah berikut yang bisa dilakukan agar kesehatan baterai iPhone bisa bertahan lama:


1. Isi ulang baterai sebelum lowbat

Membiarkan iPhone mati karena kehabisan baterai ternyata akan berdampak buruk. Mengisi ulang baterai iPhone saat kondisi baterai 0% sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak komponen baterai.

Oleh sebab itu, biasakan mengisi baterai iPhone sebelum lowbat. Biasanya, layar iPhone akan memunculkan notifikasi saat baterai tersisa 20 persen. Tapi pastikan saat mengecas kondisi baterai tidak panas karena arus listrik yang masuk akan menjadi tidak stabil.


2. Gunakan charger iPhone original

Untuk menjaga kesehatan baterai iPhone bisa dilakukan dengan selalu menggunakan charger iPhone original. Dengan menggunakan charger original, arus yang masuk akan menjadi lebih stabil. Dengan demikian, baterai pun jadi tidak cepat rusak.

Topik Menarik