Xiaomi Pamer Kemampuan Kamera Selfie di Bawah Layar

Teknologi | sindonews | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 20:07
Xiaomi Pamer Kemampuan Kamera Selfie di Bawah Layar

BEIJING - Kamera selfie selalu menjadi rintangan terbesar dalam mengejar tampilan layar sepenuhnya di smartphone. Dalam perkembangan industri seluler, bezel menjadi lebih tipis dan lebih tipis lagi sampai berubah menjadi takik yang akhirnya berkembang menjadi puch-hole. (Baca juga: WHO Mulai Terima Vaksin COVID-19 dari Seluruh Dunia Pekan Depan)

Langkah logis berikutnya dalam menciptakan layar ponsel sepenuhnya adalah menghidupkan fantasi kamera di bawah layar. ZTE pun disebut bakal menjadi yang pertama memperkenalkan smartphone yang berfungsi dengan teknologi tersebut, Selasa mendatang (1/10/2020).

Apa yang dilakukan ZTE menjadi motivator besar bagi perusahaan lain. Salah satunya Xiaomi yang telah mengungkapkan bakal mengikuti perlombaan penciptaan kamera di bawah layar ponsel.

Seorang Vice President perusahaan membagikan unggahan video singkat di akun Weibo-nya. Video memamerkan solusi generasi ketiga mereka dan menyatakan siap untuk diproduksi massal. Dia juga mengungkapkan cara kerja teknologi tersebut.

Perusahaan China ini menyebut solusi terakhir kamera generasi ketiga karena iterasi pertama adalah produk khusus laboratorium. Sedangkan penggantinya adalah kamera dan layar pada prototipe yang masih belum cukup baik untuk produksi massal. Kemudian versi ketiga akhirnya siap untuk diluncurkan dan menjadi bagian dari smartphone dengan ketersediaan yang lebih luas.

Dilansir dari GSM Arena, Xiaomi menjelaskan cara kerja teknologi tersebut di pos terpisah di profil resmi Weibo. Panel menggandakan jumlah piksel di atas lingkaran kecil untuk memiliki kerapatan piksel dan akurasi warna yang sama dengan bagian layar lainnya. Ini meminjam warna dari piksel "tetangga" tetapi dapat mematikan/menjadi hitam sesuai permintaan -sebagian besar saat kamera dihidupkan.

Karena pengaturan piksel baru, Xiaomi sekarang dapat menerapkan pemahamannya sendiri tentang bagaimana cahaya harus ditransmisikan untuk meminimalkan silau. Gambarnya sangat jernih dengan warna yang tepat, sehingga kualitasnya tidak akan dikorbankan.

Produksi massal perangkat dengan kamera selfie baru akan dimulai tahun depan dan mudah-mudahan jajaran Mi 11 akan menjadi yang pertama mendapatkannya. (Baca juga: Asia Lumbung Beras Dunia, Ternyata Indonesia Urutan Ketiga)

Artikel Asli