Tak Tertarik Beli, Google Ternyata Bangun Aplikasi Pesaing TikTok

Teknologi | sindonews | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 13:43
Tak Tertarik Beli, Google Ternyata Bangun Aplikasi Pesaing TikTok

MOUNTAIN VIEW - TikTok kini sedang populer tapi keberadaanya terusik di sejumlah negara, termasuk India dan Amerika Serikat. Ketika perusahaan teknologi Amerika berlomba-lomba membeli aplikasi berbagi video pendek, Google adem ayem di luar rumor akuisisi TikTok.

Usut punya usut ternyata raksasa mesin pencari ini mempunyai rencana lain. Mereka lebih terinspirasi kepopuleran TikTok dengan membungun aplikasi pesaingnya. (Baca juga: BNPB Catat 1.921 Bencana Landa Indonesia Sepanjang 2020)

Google dikabarkan sedang menguji coba fitur video pendek mirip TikTok. Bentuknya berupa "Short Video" pada tampilan Google Discover.

Dilansir dari 9to5Google, Sabtu (29/8/2020), raksasa teknologi ini akan menyajikan Short Video dengan tampilan preview bergulir (carousel) di dalam Google Discover yang ada di Android dan iOS.

Pada highlight Short Video, konten yang dimunculkan berupa kumpulan video pendek yang dibuat dari aplikasi Trell dan Tangi. Untuk konten Trell, ini adalah link Accelerated Mobile Platform (AMP) Google untuk mengoptimalkan web mobile dengan menambahkan opsi "Click Here" untuk melihat video lainnya.

Sementara, konten dari Tangi bukanlah link AMP, tetapi memiliki branding dan UI pemutar yang serupa. (Baca juga: RCTI+ Makin Seru Berkat Fitur Games Terbaru)

Sejauh ini, hanya ada satu laporan mengenai video pendek di Google Discover. Tidak jelas seberapa luas peluncuran carousel ini, atau kriteria apa yang digunakan Google untuk menyoroti konten.

Artikel Asli