Orang Biasa Pun Bisa Terkenal dari Youtube

Teknologi | sindonews | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 11:45
Orang Biasa Pun Bisa Terkenal dari Youtube

JAKARTA - Youtube dikenal banyak mengorbitkan orang biasa menjadi terkenal. Terlebih lagi, mereka yang memiliki konten video orisinil dan menghibur, maka kesempatan menjadi artis pun kini tidak harus dimulai dari layar kaca, tapi bisa dari Youtube saja.

Namanya Rahmawati Kekeyi Putri Cantika, wanita kelahiran 1995 itu dikenal dengan nama panggilan Kekeyi. Sebuah nama panggilan yang cukup tenar dalam pergaulan anak muda di tempatnya tinggal di Nganjuk, Jawa Timur. Konten Youtube wanita yang gemar memelihara hewan ini diberi judul yang sama dengan namanya, yaitu Rahmawati Kekeyi Putri Cantika. (Baca: Pengakuan Pilu Paris Hilton di Masa SMA Segera beredar di YouTube)

Sudah hampir dua tahun Kekeyi aktif mengunggah berbagai video komedi di kanal Youtube miliknya. Setiap satu video rata-rata ditonton lebih dari 100.000 orang, bahkan ada yang mencapai 12 juta viewers. Materi videonya pun bermacam-macam mulai tutorial makeup, bincang bersama artis ternama, kehidupan sehari-hari, hingga membuat video klip untuk singel terbarunya.

"Karena dulu pernah di bully aku jelek, gemuk, pendek jadilah terinspirasi untuk membuat diriku lebih cantik dengan cara sendiri. Jadi mulai dengan video tutorial makeup itu, gitu aja seh," ungkap Kekeyi saat dihubungi KORAN SINDO.

Menurutnya, dengan membuat video tentang tutorial makeup sederhana, penonton bisa mudah menangkap pesan bahwa keterbatasan fisik bukan hal yang membuat kita tidak bisa percaya diri. Dari keterbatasan tersebut Kekeyi bisa membuktikan bisa mendapatkan penghasilan yang menggiurkan.

"Dari Youtube rata-rata bisa mendapatkan Rp100 juta per bulan. Tetapi ini belum termasuk endorse ya," jelasnya. (Baca juga: Memanas, China Usir Kapal Perang AS dari Laut China Selatan)

Terbukti, dari ketidakpercayaan diri kini Kekeyi telah dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan, dirinya sering kali dihadapkan dengan jadwal undangan bintang tamu di televisi swasta. Tidak hanya itu, dalam akun sosial media instagramnya saja, lebih dari 10 brand yang menawarkan dirinya untuk endorse.

"Kalau dari endorse sendiri penghasilannya relatif dari Rp10 sampai Rp15 juta," tuturnya.

Sementara itu, youtuber lain, Putri Modiyanti, kini memiliki subscriber sebanyak 103 ribu yang diraihnya sejak 2014. Dia mengaku pendapatannya sebagai youtuber bervariasi bahkan sampai lebih dari Rp10 juta per bulan. Angka ini dinilai dara cantik putri bungsu mantan model Sandy Harun itu cukup lumayan untuk menutupi berbagai keperluannya sehari-hari sebagai mahasiswi.

Gadis kelahiran 1998 yang sudah mengeluarkan sekitar 80 video ini lebih menekankan topik seputar tips kecantikan. Misalnya, memberi tips merias dengan makeup murah meriah atau bagaimana cara mengenakan kain batik. (Baca juga: Bopong Senjata dan Radar Canggih, Pesawat F-16 TNI AU Semakin Garang)

"Kontennya tidak harus yang mahal atau berisi tentang belanja mewah dan tempat makan mewah. Menurut aku, video tentang tutorial praktis bisa sangat berguna bagi orang-orang yang sedang mengalami masalah," tuturnya.

Menurutnya, kreativitas bisa dimulai dari bagaimana seseorang menyelami berbagai persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti salah satu unggahan Puteri ?mengenai petunjuk praktis 'Ngerombak Kamar Kosan Sempit' yang ditonton 2,5 juta kali dan disukai sekitar 20 ribu orang.

Lantas, apa kata kreator Youtube agar video-video unggahan ditonton orang dan bagaimana cara menarik penonton untuk menjadi pelanggan setia Nessie Judge, selebriti Youtube kelahiran 1993 yang sudah memiliki subscriber hingga 6,6 juta orang ini mengatakan tentang pentingnya topik yang menarik untuk diangkat.

Perempuan blasteran Pakistan yang pertama kali mengunggah videonya di Youtube pada 2012 itu lebih memilih banyak membuat video tentang kisah-kisah mistis yang menyeramkan, misteri, dan teori konspirasi. Dalam videonya, dia duduk sambil bercerita tentang sejumlah kisah di dunia yang membuat penontonnya bergidik.

Namun demikian, dia mengaku juga memiliki segmen lain yang topiknya lebih umum, namun penuh kontroversi seperti LGBT, serta topik yang sedang panas misalnya bully terhadap anak. Tidak lupa dia selalu berpesan kepada para penontonnya agar memberi respons pada topik-topik yang diangkatnya. Alhasil, setiap unggahannya selalu ramai akan tanggapan. (Baca juga: Indonesia Tidak Akan Selamat, Waktu 1,5 Bulan Tidak Cukup Hindari Resesi)

Nessie menyarankan, menggunakan judul-judul yang 'mengundang' bisa jadi salah satu cara menarik minat viewers. Tidak heran bila banyak kata-kata bombastis seperti 'Terseram' bertebaran di unggahan-unggahan Youtuber lainnya.

Selain itu, menggunakan 'thumbnail' atau sampul video yang menarik sebelum di unggah juga bisa menjadi salah satu cara membuat penasaran para viewers dan langsung mengklik "play". Tentu saja harus melalui sebuah penyuntingan.

"Kegiatan menyunting satu video biasanya memakan waktu sampai 12 jam. Saya mengedit sendiri video saya, dibantu dua staf, dan ditambah satu orang manajer," katanya.

Ditanya soal metadata berupa kunci-kunci yang memudahkan penonton Youtube mencari videonya, dia mengaku justru jarang jarang menggunakannya. Bagi perempuan yang telah mengunggah 255 video dan telah di tonton 118,5 juta kali itu, konsistensi adalah kunci bagaimana ia bisa meraih banyak penonton sekaligus menjadi banyak dikenal orang.

"Saya selalu mengunggah setiap malam jum'at. Mereka menunggu-nunggu video saya, jadi jika telat muncul mereka lalu bertanya-tanya," jelas kreator Youtube yang penghasilannya diperkirakan oleh Socialblade mencapai Rp450 juta per bulan.

Meski tidak mau memberi tahu secara terbuka, Nessie masih mau menjawab tentang pendapatannya dari Youtube tidak seberapa, hanya sesuai hitungan dolar AS untuk 1.000 kali ditonton. "Penghasilan yang besar justru datangnya dari proyek-proyek," kata Nessie sambil menyebutkan contoh bekerja sama membuat video tutorial dari Samsung Video Reality di Youtube. (Lihat videonya: Dua Kali Ditangkap Warga, Macan tutul jawa Kembali Dilepas Liarkan ke Habitatnya)

Untuk masalah pajak Nessie mengaku mengikuti aturan yang telah diberlakukan oleh Direktorat Pajak. "Biasanya kita ikut pajak pekerja kreatif selayaknya artis yang lain, dan kita menggunakan konsultan pajak dan jumlah pajak kami lumayan," tambahnya.

Tapi sekali lagi, Nessie menjelaskan penghasilan Youtube itu sendiri sudah dipotong pajak. Karena biasanya di Youtube itu ada perantaranya, namanya MCN (Multi Channel Network). "Jadi, kalau Youtuber sudah gabung dengan ini, maka penghasilan yang di dapat sudah langsung dipotong pajak,"tegasnya. (Aprilia S Andyna)

Artikel Asli