Bank di India Diminta Periksa Eksposur ke Adani Group

Bank di India Diminta Periksa Eksposur ke Adani Group

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 2 Februari 2023 - 15:31
share

IDXChannel - Bank Sentral India (RBI) telah meminta bank lokal untuk merinci paparan mereka terhadap grup perusahaan Adani. Langah tersebut diungkap oleh sumber dari pihak pemerintah dan perbankan.

Sumber memilih anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media. Sementara itu, Reserve Bank of India (RBI) belum memberikan komentar.

Informasi yang dicari oleh RBI mencakup perincian agunan yang digunakan untuk mendukung pinjaman dan eksposur tidak langsung yang mungkin dimiliki bank, kata salah satu sumber, seperti dilansir Reuters pada Kamis (2/2/2023).

Saham grup perusahaan Adani makin jatuh setelah konglomerasi yang dipimpin oleh taipan Gautam Adani menangguhkan penjualan saham senilai USD2,5 miliar di tengah pasar yang bergejolak. Adani Group menyatakan langkah tersebut diambil untuk melindungi investor dari potensi kerugian.

Eksposur langsung sektor perbankan India ke Adani Group hanya 0,6 persen Societe Generale mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Rabu.

Indeks Nifty Bank India (NSEBANK) telah turun 5,4 persen sejak Hindenburg Research yang berbasis di New York merilis laporannya. Indeks Nifty (NSEI) merosot hingga 2,8 persen selama periode tersebut.


Hindenburg Research minggu lalu menuduh Adani melakukan manipulasi pasar dan penipuan akuntansi. Tuduhan tersebut memicu aksi jual yang intens di pasar saham.


Krisis kepercayaan melanda perusahaan-perusahaan mlik taipan tersebut. Adani membatalkan penawaran saham publik lanjutan setelah saham Adani Group anjlok senilai USD92 miliar dalam waktu kurang dari seminggu.
(WHY)

Topik Menarik