Begini Canggihnya Tank Abrams Amerika yang Akan Dikirim ke Medan Perang di Ukraina

Begini Canggihnya Tank Abrams Amerika yang Akan Dikirim ke Medan Perang di Ukraina

Teknologi | BuddyKu | Jum'at, 27 Januari 2023 - 20:37
share

JAKARTA, iNews.id - Amerika Serikat (AS) terus memasok Ukraina dengan persenjataan canggih. Dalam waktu dekat AS akan mengirimkan 31 unit tank M1 Abrams.

Tank canggih ini akan digunakan tentara Ukraina untuk melawan serangan Rusia. Pemerintah AS juga akan memberikan suku cadang dan peralatan yang diperlukan agar tank-tank itu selalu siap tempur.AS juga telah menyiapkan paket pelatihan terkait tank Abrams kepada para tentara Ukraina.

Tank M1 Abrams diklaim sebagai tank paling mumpuni di dunia. Berbeda dengan tank lainnya, M1 Abrams disebut berbeda dari tank sejenis lainnya. tank ini disebut menggunakan bahan bakar jet untuk mobilitas.

Tank Abrams adalah salah satu tank terberat di dunia dengan berat hampir 70 ton. Meski sangat berat tank itu memiliki manuver yang luar biasa. Daya tembaknya juga sangat hebat.

Kendaraan lapis baja ini disebut kebal terhadap serangan. Lapisan baja komposit Chobham diklaim mampu melindungi awaknya dari serangan musuh. Tank andalan AS ini mampu menjangkau medan perang sejauh 265 mil dan dapat melaju dengan kecepatan hingga 42 mil per jam.

Tank Abrams dioperasionalkan oleh empat orang. Terdiri atas komandan, pengemudi, penembak dan pengisi peluru.

Kendaraan tempur ini memiliki sistem canggih. Kendaraan lapis baja ini dilengkapi sistem pelacak posisi atau lokasi secara otomatis tanpa menugaskan awak kendaraan.

Armada ini sudah dikembangkan selama Perang Dingin. Tank ini ini diciptakan sebagai pengganti tank M60 Angkatan Darat AS yang dianggap terlalu tua untuk ukuran tank modern.

Tank Abrams juga dilengkapi dengan 2 senapan mesin 7,62 mm, salah satunya koaksial dan lainnya dipasang di atas palka penembak. Tak hanya itu, tank ini juga dilengkapi dengan senapan mesin 12,7 mm yang dipasang di atas palka komandan. Tank ini mengendong mesin turbin yang setara dengan 1.500 tenaga kuda.

Mendapat bantuan tank secara cuma-cuma ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengucapkan terima kasih kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden melalui Twitter. Menurut Zelensky kehadiran tank Abrams merupakan suatu langkah menuju kemenangan dan mampu meningkatkan moril prajurit di medan laga.

Topik Menarik