Viral Penipuan Modus Kirim Undangan Via WhatsApp, Ini Cara Atasinya!

Viral Penipuan Modus Kirim Undangan Via WhatsApp, Ini Cara Atasinya!

Teknologi | BuddyKu | Jum'at, 27 Januari 2023 - 13:16
share

Beberapa waktu lalu warganet dikejutkan oleh pasangan suami istri asal Kupang, Nusa Tenggara Timur yang kehilangan uang Rp14 juta di rekening bank, setelah mereka mengklik undangan pernikahan yang dikirimkan via Whatsapp .

Sebenarnya modus seperti ini tidak berbeda jauh dengan modus lain yang sempat viral di internet, yaitu modus cek resi paket. Di sini pelaku berpura-pura menjadi kurir dan mengirimkan file foto barang, tetapi formatnya APK, file tersebut kemungkinan besar berisi malware RAT (Remote Access Trojan).

Dengan bermodalkan RAT yang sudah ditanamkan dalam file undangan, pelaku dapat mengambil alih ponsel korban untuk membobol dan menguras rekening korban.

Menurut tweet dari praktisi keamanan siber bernama Teguh Aprianto, "Soal modus penipuan seperti ini, ketika korban lengah dan menginstall aplikasi tersebut, maka pelaku akan memiliki akses untuk membaca dan juga mengirimkan SMS. Dari sana bisa melebar kemana-mana," ujar Teguh dalam akun Twitternya.

Salah seorang Youtuber dengan akun bernama Mr Bert, melakukan eksperimen dengan sengaja menginstall aplikasi file APK RAT tersebut. Di video yang diunggah, Mr Bert sudah memindahkan seluruh data-data pribadi dan uang dari mobile banking yang ada di ponselnya sebelum melakukan eksperimen.

Tidak lama setelah menginstall file tersebut, ponsel Mr Bert secara otomatis membuka aplikasi mobile banking yang sepertinya dilakukan oleh pelaku penipuan dengan modus serupa, pelaku ingin melakukan transfer otomatis, tapi setelah melihat rekening Mr Bert kosong, pelaku mengurungkan niat jahatnya. Mr Bert sendiri cukup kagum dengan orang yang membuat aplikasi tersebut, karena bisa membobol dengan mudah mobile banking salah satu bank ternama di Indonesia.

Pihak bank, lihat tuh bank mu dijebol, hanya dalam waktu beberapa menit saja, 3 menit, 4 menit. Aku gak tau mau ngomong apa lagi, jujur gua kagum dengan pengembang aplikasi ini dan gua takut. ungkap Mr Bert di video yang diunggahnya.

Jika kalian gak sengaja install, segera format ponsel kamu kembalikan ke settingan pabrik/factory reset. lanjut Mr Bert memberikan saran.

Topik Menarik