12 Anime yang Dibatalkan sebelum Berakhir dengan Layak

12 Anime yang Dibatalkan sebelum Berakhir dengan Layak

Teknologi | BuddyKu | Jum'at, 27 Januari 2023 - 06:26
share

Tidak ada yang lebih mematahkan hati selain anime yang dibatalkan sebelum serial itu bisa mengisahkan seluruh ceritanya. Ini meninggalkan sebuah cliffhanger kepada penonton tanpa sebuah resolusi. Kadang, hanya satu season anime itu yang dibuat. Lalu, anime itu berakhir dengan cliffhanger dan tidak pernah mendapatkan season keduanya.

Tapi, ada juga anime yang di-c ancel di tengah-tengah season . Anime itu berakhir begitu saja tanpa season itu pernah mencapai konklusinya. Ini tentu membuat penontonnya jadi kesal dan kecewa. Terlebih, ketika ceritanya memang bagus dan menarik untuk tetap diikuti.

Mau diakui atau tidak, anime adalah sebuah bisnis. Pada akhirnya, anime itu harus menghasilkan uang atau tidak ada gunanya membuat serial itu. Tapi, ada banyak anime yang ditinggalkan begitu saja dan sangat menginginkan konklusi yang layak. Apa saja anime yang di- cancel tanpa akhir yang memuaskan? Mengutip CBR , simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: 8 Anime dengan Twist Paling Mengejutkan di Episode 1

12. Gangsta Foto: Amazon

Gangsta adalah anime yang punya banyak potensi. Tapi, serial ini mengecewakan dalam eksekusinya. Gangsta berkisaht tentang dua pembunuh bayaran, Worick dan Nicolas. Keduanya mengambil pekerjaan yang tidak bisa diatasi orang lain baik untuk mafia dan polisi. Sayang, ceritanya tidak berakhir dengan sempurna.

Gangsta cukup populer saat dirilis. Bahkan, serial ini masih punya penggemar setia yang mengharapkan adanya season kedua. Sepertinya, penggemar tidak akan pernah mendapatkan season kedua. Ini karena season pertamanya dihentikan secara tiba-tiba ketika Mangalobe Inc., studio yang menganimasi Gangsta , bangkrut dan cerita anime itu pun tidak pernah diselesaikan.

11. High School of the Dead Foto: Wealth of Geeks

High School of the Dead mengisahkan sekelompok anak SMA dan perawat di sekolah mereka untuk bertahan di tengah kekacauan zombie. Tapi, zombie bukan satu-satunya makhluk yang harus mereka khawatirkan. Mereka juga harus menghadapi ramifikasi kolapsnya masyarakat total, seperti para penyintas gila tanpa moral.

Baik manga dan anime High School of the Dead sama-sama diterima dengan baik dan sangat populer. Sayang, serial ini tidak selesai setelah kematian penulisnya, Daisuke Sato, pada 2017. Karenanya, tidak akan ada materi baru baik bagi manga dan anime-nya.

10. Prison School Foto: We Got This Covered

Di Prison School , Kiyoshi Fujino dan empat temannya menemukan diri mereka sebagai satu-satunya murid cowok di Akademi Hachimitsu, sekolah cewek paling ketat di Tokyo. Mereka masuk ke situ setelah sekolah itu memutuskan untuk menerima murid cowok. Ketika para cowok itu tertangkap mengintip kawasan pemandian di sekolah, mereka diberi pilihan: masuk penjara sekolah selama sebulan atau dikeluarkan.

Ketika manga Prison School bisa selesai dengan layak, anime-nya tidak. Anime serial ini hanya berjalan sepanjang satu season . Anime ini belum secara resmi dibatalkan. Serial itu hanya belum diperbarui untuk season baru, tergantung dalam ketidakpastian dan sepertinya tidak bisa keluar.

9. Zatch Bell! Foto: SportsKeeda

Zatch Bell! adalah satu dari banyak serial anime shounen terlupakan dari awal 2000an. Serial ini mengikuti petualangan seorang remaja bernama Kiyomaru dan temannya, Zatch Bell. Zatch berasal dari dunia alternatif yang dikenal sebagai Dunia Mamodo dan satu dari 100 anak yang dikirim ke bumi untuk bertarung demi menjadi Raja Mamodo. Serial ini cukup populer di Jepang.

Sementara Zatch Bell! populer di Jepang dengan 150 episode, serial ini tidak cukup populer untuk mendapatkan sebuah ending . Begitu bertabrakan dengan manga-nya, serial ini dibatalkan dan tidak pernah mendapatkan ending yang layak. Zatch dan Kiyo mengalahkan Faudo yang kuat tapi masih jauh dari memenangkan turnamen. Sayang, serial baru mungkin tidak akan datang dalam waktu dekat meskipun manga-nya mendapatkan sekuel.

8. Deadman Wonderland Foto: Rotten Tomatoes

Deadman Wonderland adalah contoh sempurna atas adaptasi anime yang benar-benar salah. Setelah seorang murid SMP, Ganta Igarashi, menyaksikan seluruh teman sekelasnya dibunuh, dia difitnah atas tindakan keji itu. Ganta kemudian dikirim ke Deadman Wonderland, sebuah penjara yang juga berfungsi sebagai sebuah taman hiburan.

Sementara anime Deadman Wonderland punya animasi yang bagus, serial itu memburu-buru banyak titik plot dan menghilangkan karakter utama dari cerita itu secara keseluruhan. Itu tidak bisa diterima penggemar manga. Bahkan, penggemar yang belum membaca manga-nya tidak menikmati anime-nya. Yang membuatnya lebih buruk, serial ini dibatalkan setelah mengakhiri season pertamanya dengan cliffhanger yang bikin frustrasi yang akan membuat season keduanya sulit.

7. Code:Breaker Foto: Apple TV

Code:Breaker adalah manga shounen populer yang terbit di Majalah Shounen Jump selama beberapa tahun sebelum mendapatkan adaptasi anime. Meskipun anime itu kemudian dirilis, Kinema Citrus hanya membuat satu season . Mereka tidak pernah lagi membuat kelanjutannya.

Code:Breaker mengikuti seorang cewek bernama Sakura Sakurakouji. Dia bertemu sekelompok makhluk yang dikenal sebagai Code:Breaker, pembunuh dengan privilege khusus dari pemerintah. Serial itu menyeimbangkan optimisme Sakura atas pesimisme Code:Breaker yang melihat keberadaan mereka hanya sebagai kebutuhan. Meski serial ini enak ditonton, plotnya diubah agak terlalu drastis agar bisa ditonton.

6. Bubblegum Crisis Foto: CBR

Terinspirasi film seperti Blade Runner dan Terminator , Bubblegum Crisis adalah anime 1980-an. Serial ini berfokus pada petualangan Knight Sabers, sekelompok cewek tentara bayaran yang mengenakan exoskeleton bertenaga untuk melawan robot yang jadi jahat. Serial itu punya dosis cyberpunk dan rock and roll dengan ukuran yang pas.

Bubblegum Crisis diterima dengan baik, penggemar dan kritikus sama-sama memuji cerita dan karakternya. Tapi, serial itu dibatalkan akibat perselisihan kontrak antara dua perusahaan yang memproduksi serial tersebut. Dari 13 episode yang direncanakan, hanya 8 yang dirilis sebelum dibatalkan. Ini membuat penggemar tidak mendapatkan konklusi atas cerita itu. Anime ini butuh satu season lagi kalau mau menyelesaikan lini ceritanya. Tapi, itu sepertinya tidak akan pernah terjadi.

5. Flame of Recca Foto: Retro Crush

Flame of Recca pada dasarnya sangat mirip Yu Yu Hakusho . Serial itu mengisahkan tentang Recca, seorang remaja yang ingin jadi ninja. Setelah bertahun-tahun berlatih, dia menemukan dirinya dalam masalah ketika Yanagi, putri yang harus dia lindungi diserang musuh dengan kekuatan supranatural.

Flame of Recca adalah serial shounen tarung solid dari akhir 1990-an. Tapi, serial itu juga dengan cepat mengambil alih manga-nya. Serial itu hanya meliputi busur perkenalan dan busur turnamen kedua sebelum tiba-tiba selesai. Manga-nya tamat pada awal 2000-an, tapi anime-nya sudah lama dilupakan. Satu-satunya harapan mendapatkan adaptasi lengkap sekarang adalah serial ulang tahun.

4. The Heroic Legend of Arslan Foto: ReelRundown

The Heroic Legend of Arslan adalah serial novel klasik karya Yoshiki Tanaka, kreator The Legend of the Galactic Heroes . Serial ini berkisah tentang seorang pangeran muda bernama Arslan yang kehilangan kerajaannya, Pars, setelah ayahnya dikhianati. Arslan lalu dipaksa kabur untuk menyelamatkan diri dan membangun pasukan untuk merebut kembali kerajaannya dari pasukan Lusitania.

Arslan diadaptasi menjadi anime pada 2015 dengan diangkat dari adaptasi manga yang lebih baru. Pada saat itu, bahkan serial novelnya belum selesai. Novel terakhirnya dirilis pada 2017, dua tahun setelah anime-nya dimulai. Tapi, anime itu sudah berakhir pada 2016.

3. Slam Dunk Foto: Manga Thrill

Slam Dunk adalah anime yang sangat populer pada 1990-an, terutama di Asia dan Eropa. Serial itu berjalan sepanjang 101 episode sebelum dibatalkan. Serial ini mengikuti sebuah tim bola basket dari SMA Shouhoku dan punya banyak fokus terhadap karakternya, yang memamerkan keakraban antara anggota timnya.

Untuk sebuah anime, 101 episode itu sudah bagus. Tapi, Slam Dunk dengan tiba-tiba dibatalkan tepat sebelum busur Nasional. Jelas merupakan busur paling penting di serial itu, busur itu mengisahkan tentang pertandingan antara Shouhoku melawan musuh terbesar mereka, Sannoh. Tidak ada yang benar-benar tahu mengapa anime itu dibatalkan. Itu menyebabkan penggemar ditinggalkan tanpa konklusi memuaskan dari serial yang sudah dibangun sejak awal.

2. Magi: Labyrinth of Magic Foto: WordPress.com

Magi sepertinya menjadi serial tarung shounen besar baru ketika diluncurkan pada 2012. Dengan setting unik yang mereferensi mitologi Arab, ceritanya terasa cukup berbeda dari sebagian besar anime shounen. Anime ini seharusnya bisa menonjol di tengah-tengah lautan serial yang terlihat sama dengan trope shounen klasik mereka.

Magi adalah salah satu anime shounen paling awal yang menerapkan model season . Season 1 dirilis pada 2012 dan season 2 pada 2013. Fokus season ini seharusnya membuat manga-nya bisa berjarak cukup jauh agar anime-nya tetap bisa berjalan. Popularitas Magi bahkan cukup besar untuk bisa membuat anime spin-off yang berfokus pada Sinbad, salah satu karakter pendukung di serial itu. Tapi, tidak satu pun serial itu yang bisa mendapatkan konklusi yang layak. Keduanya dihentikan lama sebelum manga-nya selesai.

Baca Juga: 7 Serial Anime Shounen Era 90-an Ini Layak Di-Remake

1. Baccano! Foto: Baccano Wiki Fandom

Baccano! bisa dianggap sebagai anime sekte. Serial ini diceritakan dari berbagai titik pandang dan sebagian besar berlatar di Amerika Serikat selama Era Percobaan. Serial ini mengikuti banyak peristiwa yang sepertinya tidak terkait satu sama lain tapi berakhir merger untuk menciptakan cerita yang lebih besar tentang alkimia, ketahanan hidup, dan keabadian.

Meskipun Baccano! mendapatkan ulasan bagus, serial ini tidak diapresiasi banyak penggemar yang mungkin tidak menikmati penceritaannya yang berbeda. Apa pun kasusnya, Baccano! dibatalkan setelah hanya 16 episode. Ini membuat banyak utas plot yang tidak terselesaikan.

(alv)

Topik Menarik