Mayat Medgar Evers Masih Segar Meski Dikubur 28 Tahun, Berapa Waktu Jasad untuk Membusuk?

Mayat Medgar Evers Masih Segar Meski Dikubur 28 Tahun, Berapa Waktu Jasad untuk Membusuk?

Berita Utama | gatra.com | Rabu, 4 Januari 2023 - 13:30
share

Jakarta, Gatra.com- Begitu seseorang meninggal, tubuhnya biasanya langsung membusuk, meskipun pembalseman yang baik dapat menunda pembusukan. Namun,Mayat aktivis hak-hak sipil Medgar Evers masih segar meski dikubur 28 tahun. Berapa waktu jasad untuk membusuk? Demikian Live Science , 03/01.

Saat seseorang meninggal, tubuhnya mulai rusak karena sel-sel layu dan bakteri menyerang. Tapi berapa lama waktu yang dibutuhkan tubuh untuk membusuk sepenuhnya?

Meskipun proses dekomposisi dimulai beberapa menit setelah kematian, ada sejumlah variabel, termasuk suhu sekitar, keasaman tanah, dan bahan peti mati, yang dapat memengaruhi waktu yang dibutuhkan tubuh untuk menjadi kerangka.

Namun, rata-rata, tubuh yang terkubur dalam peti mati kualitas biasa saja mulai rusak dalam waktu satu tahun, tetapi membutuhkan waktu hingga satu dekade untuk terurai sepenuhnya yang hanya menyisakan kerangka, Daniel Wescott, direktur Pusat Antropologi Forensik di Texas State University , mengatakan kepada Live Science .

Tubuh yang terkubur tanpa peti mati, yang tidak memiliki perlindungan dari serangga dan elemen lainnya, biasanya menjadi kerangka dalam waktu lima tahun, menurut Nicholas Passalacqua, seorang profesor di Stasiun Penelitian Osteologi Forensik di Western Carolina University .

Dekomposisi itu sendiri cukup mudah. Begitu kematian terjadi dan darah beroksigen berhenti mengalir, sel mati; dalam proses yang disebut autolisis, sel melepaskan enzim (terutama yang berasal dari lisosom, yang mengandung enzim pencernaan), yang memecah sel itu sendiri, serta karbohidrat dan protein, menurut " The Cell: A Molecular Approach ," (Sinauer Associates, 2000).

Pembusukan, atau dekomposisi bahan organik tanpa oksigen oleh bakteri, jamur atau organisme lain, dapat mengubah bagian kulit tubuh menjadi hijau sekitar 18 jam setelah kematian, menurut buku Evaluation of Postmortem Changes " (StatPearls Publishing, 2022). Ini terjadi secara bersamaan karena bakteri di perut berkembang biak dengan cepat, menghasilkan gas yang menyebabkan tubuh kembung dan bau.

Pembusukan meningkat saat tubuh berada di lingkungan yang panas, itulah sebabnya jenazah manusia sering disimpan dalam lemari es sampai saatnya untuk penguburan. Selama tahap kembung ini, kulit bisa lecet dan melepuh dan bisa terjadi marbling, di mana pembuluh darah berwarna hitam kehijauan dapat terlihat melalui kulit dalam waktu sekitar 24 hingga 48 jam setelah kematian, menurut " Evaluasi Perubahan Postmortem ."

Akhirnya, kembung runtuh, dan dalam proses yang dikenal sebagai pembusukan hitam, organ dan jaringan tubuh melunak, dan bentuk kehidupan seperti serangga dan mikroba memakan jaringan lunak yang tersisa, meninggalkan sisa-sisa kerangka.

"Dekomposisi melambat secara signifikan pada tahap [rangka] ini, dan dibutuhkan waktu bertahun-tahun atau dekade untuk sisa-sisa kerangka hancur," menurut "Evaluasi Perubahan Postmortem ."

Untuk menunda pembusukan, pembalsem dapat mengalirkan darah dan cairan lain dari mayat dan menggantinya dengan cairan pembalseman yang disuntikkan ke pembuluh darah. Bahan kimia ini, yang berfungsi sebagai pengawet, menghentikan aktivitas bakteri yang merusak tubuh. Meskipun pembalseman adalah praktik umum, beberapa agama melarangnya karena dianggap menodai tubuh.

"Jika dibalsem, itu benar-benar dapat mengubah banyak hal," kata Wescott kepada Live Science .

Sebagai permisalan, ia mencontohkan kasus pembunuhan pemimpin hak-hak sipil Medgar Evers, yang dimakamkan pada 1963 setelah dibalsem. Ketika tubuhnya digali untuk bukti dalam persidangan pembunuhan tahun 1991, Wescott berkata, "tubuhnya sangat terawat sehingga mereka membiarkan putranya masuk untuk melihatnya."

Bagi mereka yang dibalsem dan dikubur dalam peti mati, lima sampai 10 tahun adalah waktu yang lebih khas untuk pembusukan, katanya. Pada saat itu, jaringannya hilang dan hanya tersisa tulang.

Kualitas pekerjaan pembalseman juga berperan, kata Wescott. Ketika dia menggali tubuh yang dibalsem yang dikubur 15 tahun sebelum penggalian, dia menemukan bahwa itu telah menjadi kerangka sebagian karena peti mati telah rusak. Tubuh lain yang dibalsem yang dia gali telah dikubur hanya setahun, dan "dia tampak seperti baru saja meninggal, tetapi ada jamur yang tumbuh di tubuhnya," kenangnya.

Lokasi juga bisa berpengaruh. Jika peti mati dikubur di tanah asam, peti mati akan terkikis lebih cepat, membuat tubuh terpapar unsur-unsur, termasuk serangga, yang mendukung proses pembusukan.

Ada beberapa faktor lain yang kebanyakan orang tidak pikirkan, kata Wescott. Di luar ruangan, orang gemuk awalnya membusuk lebih cepat pada awalnya, tetapi melambat dibandingkan dengan orang lain dalam proses selanjutnya karena belatung lebih memilih jaringan otot daripada lemak.

Kemoterapi dan antibiotik yang digunakan sebelum kematian juga dapat berdampak besar pada pembusukan, karena keduanya membunuh beberapa bakteri yang terlibat dalam proses tersebut.

Aneh kedengarannya, lapisan peti mati itu mungkin juga memiliki pengaruh pada laju dekomposisi, kata Wescott. Beberapa bahan menghilangkan cairan dari tubuh dan dapat menyebabkannya mengering, dan bahkan menjadi mumi lebih cepat. Jika bahan tersebut menahan kelembapan, tubuh dapat terendam dalam cairannya sendiri dan membusuk lebih cepat.

Topik Menarik