2 Helikopter Tabrakan di Udara di Atas Gold Coast, Penyelidik: Kita Perlu Tahu Apa yang Terjadi di Kokpit

2 Helikopter Tabrakan di Udara di Atas Gold Coast, Penyelidik: Kita Perlu Tahu Apa yang Terjadi di Kokpit

Teknologi | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 09:24
share

AUSTRALIA - Penyelidik masih mencoba mencari tahu apa yang menyebabkan tabrakan maut di udara antara dua helikopter di Gold Coast, Australia.

Sepasang suami istri Inggris dan dua warga Australia tewas dalam kecelakaan yang terjadi pada Senin (2/1/2023) di dekat resor Sea World di Queensland.

Tiga lainnya, termasuk dua anak, terluka parah dalam kecelakaan itu.

Para pejabat mengatakan insiden itu terjadi kurang dari 20 detik setelah satu helikopter lepas landas dari gundukan pasir dan bertabrakan dengan pesawat lain yang sedang mendarat.

Yang perlu kami ketahui sekarang adalah apa yang terjadi di dalam dua kokpit itu pada saat itu, kata Komisaris keselamatan udara Angus Mitchell, dikutip BBC.

Semua yang tewas dan terluka parah berada di helikopter yang sedang naik, yang jatuh dalam hitungan detik setelah baling-baling utamanya menghantam kokpit pesawat lain.

Helikopter kedua mendarat tegak di gumuk pasir. Lima dari enam orang di dalamnya mengalami luka ringan.

Pendaratan itu merupakan pencapaian luar biasa mengingat helikopter itu telah menghancurkan tempat duduk pilot, terangnya.

"Kami sangat beruntung tidak berdiri di sini dengan lebih banyak kematian," katanya kepada wartawan, pada Selasa (3/1/2023).

Korban warga Inggris adalah Diane dan Ron Hughes dari Merseyside - berusia 57 dan 65 tahun - yang menikah dan memiliki kerabat terdekat di Australia.

Media Australia melaporkan bahwa Vanessa Tadros yang berusia 36 tahun juga tewas dalam kecelakaan itu, dan putranya yang berusia 10 tahun termasuk di antara korban selamat yang dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis.

Korban keempat yang meninggal adalah Ashley Jenkinson yang berusia 40 tahun, seorang pilot Sea World Helicopters berpengalaman yang tinggal di daerah tersebut. The Brisbane Times melaporkan dia berasal dari Inggris.

Seorang teman dekat Jenkinson, Ritchie Gregg, mengatakan kepada BBC bahwa dia adalah "pribadi yang lembut" dan "pahlawan pendiam".

"Dia selalu di luar sana membantu masyarakat - mulai dari kebakaran hutan beberapa tahun lalu hingga banjir tahun lalu," katanya.

"Apa yang kami lakukan dengan banjir di New South Wales (NSW) tahun lalu jelas menjadi sorotan dalam hidup saya. Jika bukan karena dia, banyak orang tidak akan mendapatkan bantuan yang mereka dapatkan, ujarnya. Seperti diketahu, NSW dilanda banjir tahun lalu, khususnya di dekat Lismore.

Polisi mengatakan seorang wanita berusia 33 tahun terluka parah tetapi stabil di rumah sakit. Sedangkan putranya yang berusia sembilan tahun tetap dalam kondisi kritis. Mereka dan bocah 10 tahun itu adalah satu-satunya yang selamat dari helikopter yang jatuh itu.

Kedua helikopter mengoperasikan penerbangan wisata untuk Sea World - salah satu dari beberapa taman hiburan populer di Gold Coast. Pemiliknya, Village Roadshow Theme Parks, telah menyampaikan belasungkawa dan mengatakan Sea World Helicopters adalah operator independen.

Topik Menarik