Intel Rilis Prosesor Desktop Baru, Diklaim Tercepat Sedunia

Intel Rilis Prosesor Desktop Baru, Diklaim Tercepat Sedunia

Teknologi | BuddyKu | Jum'at, 9 Desember 2022 - 12:34
share

JAKARTA - Intel telah merilis prosesor 13th Gen Intel Core ke Tanah Air pada Kamis (8/12/2022) kemarin. Dikatakan bahwa proses tersebut mampu menghadirkan pengalaman gaming dan overclocking terbaik dengan model 13th Gen Intel Core i9-13900K didapuk sebagai prosesor desktop tercapat di dunia.

Dalam acara peluncuran, Alexis Crowell selaku Vice President, Sales Marketing & Communications Group and Managing Director, Asia Territory, Intel Corporation menyebut prosesor 13th Gen Intel Core ini mencakup enam prosesor desktop baru yang sudah unlocked dengan hingga 24 core dan 32 thread dan melesat dengan clock speed hingga 5.8 GHz.

"Kami sangat bersemangat untuk meluncurkan prosesor 13th Gen Intel Core terbaru yang sudah unlocked pada hari ini di Indonesia, untuk memberikan pengalaman gaming, streaming, recording, dan kreasi konten bagi konsumen di Indonesia. Kami yakin overclocking enthusiast akan sangat senang," lanjut Alexis.

Dibangun pada teknologi proses Intel 7 dan x86 performance hybrid architecture, prosesor desktop 13th Gen Intel Core diklaim mampu menghadirkan performa sistem yang lebih baik. Ini meliputi peningkatan performa single-threaded hingga 15% lebih baik dan peningkatan performa multi-threaded yang hingga 41% lebih baik.

Menurut Alexis, dengan generasi terbaru ini, performance hybrid architecture Intel akan menggabungkan Performance-core (P-core) dan jumlah Efficient-core (E-core) yang naik hingga dua kali lipat, sehingga memberikan peningkatan performa single-threaded dan multi-threaded yang menghasilkan pengalaman game dan overclocking terbaik, dan performa kreasi konten yang kuat.

Prosesor desktop 13th Gen Intel Core juga disebut Alexis memberdayakan pengguna dengan fitur-fitur unggulan, termasuk Intel Adaptive Boost Technology dan Thermal Velocity Boost yang secara oportunistik meningkatkan frekuensi-frekuensi clock pada prosesor berdasarkan daya dan thermal headroom saat diberikan beban kerja tertentu.

Selain itu, ada lebih banyak E-cores di seluruh Intel Core i5, i7, i9 sehingga mendorong lompatan besar dalam kinerja multi-threaded dan pengalaman multi-tasking/mega-tasking yang lebih baik bagi pengguna. Prosesor desktop 13th Gen Intel Core turut mendukung PCIe Gen 5.0, dengan hingga 16 lane prosesor.

Prosesor desktop K 13th Gen Intel Core saat ini sudah tersedia bagi pengguna di Indonesia dengan produk meliputi prosesor, motherboard, dan system desktop. Harga untuk prosesor desktop 13th Gen Intel Core bervariasi, mulai dari Rp5.700.000 hingga Rp10.000.000.

Topik Menarik