Prediksi Intelijen Militer Ada tapi Rusia Kecolongan Serangan Drone Ukraina, Gara-gara Satelit Ini?

Prediksi Intelijen Militer Ada tapi Rusia Kecolongan Serangan Drone Ukraina, Gara-gara Satelit Ini?

Teknologi | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 09:02
share

Pasukan Ukraina berusaha melakukan serangan terhadap lapangan udara militer Rusia di wilayah Saratov dan Ryazan menggunakan drone bertenaga jet era Soviet pada Senin (5/12/2022), Kementerian Pertahanan Rusia telah mengumumkan.

Pada pagi hari tanggal 5 Desember, dengan menggunakan kendaraan udara tak berawak bertenaga jet buatan Soviet, rezim Kiev berusaha menyerang lapangan terbang militer Dyagilevo dan Engels di wilayah Ryazan dan Saratov dalam upaya untuk menonaktifkan penerbangan jarak jauh Rusia, tulis laporan Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan, Senin (5/12/2022) malam.

Drone , yang terbang di ketinggian rendah, dicegat dan dihancurkan oleh pasukan pertahanan udara Rusia, kata militer, seperti dilansir Sputnik .

Namun, tiga personel militer tewas dalam serangan itu, dengan empat lainnya luka-luka. Puing-puing drone yang jatuh dikatakan telah menyebabkan sedikit kerusakan pada lambung dua pesawat.

Militer Rusia menanggapi dengan meluncurkan serangan presisi skala besar menggunakan senjata berbasis udara dan laut terhadap sistem komando dan kontrol militer Ukraina dan fasilitas terkait, serta pusat komunikasi, infrastruktur energi, dan unit militer sekitar pukul 3 sore waktu Moskow, dengan 17 target yang ditunjuk tercapai secara total.

Pangkalan Udara Dyagilevo terletak lebih dari 450 km timur laut perbatasan Rusia dengan Ukraina, dan berfungsi sebagai pusat pelatihan penerbangan strategis Rusia. Pangkalan Udara Engels terletak sekitar 550 km sebelah timur Ukraina, dan mengandung unsur-unsur komponen udara triad nuklir Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak menyebutkan drone yang digunakan dalam serangan itu. Namun, fakta bahwa mereka "bertenaga jet" menunjukkan bahwa mereka adalah Tu-141 yang dimodifikasi --desain UAV yang dikembangkan oleh Biro Desain Tupolev pada pertengahan 1970-an, dan digunakan secara luas oleh militer Soviet untuk tujuan pengintaian hingga 1989.

Pada tahun 2014, Ukraina mengembalikan UAV untuk perangnya melawan Donbass. Setelah Rusia memulai operasi militernya di Ukraina pada bulan Februari, beberapa insiden yang melibatkan Tu-141 telah dilaporkan.

Dalam salah satu insiden tersebut, sebuah Tu-141 jatuh di Zagreb, Kroasia, sekitar 550 km dari Ukraina, setelah terbang di atas negara tetangga Rumania dan Hungaria. Investigasi oleh militer Kroasia menentukan bahwa pesawat tak berawak itu dilengkapi dengan bom, dan dimaksudkan untuk menyerang Rusia, tetapi malah terbang keluar jalur dan jatuh di Kroasia.

Pada bulan Juli, para pejabat di wilayah Kursk Rusia melaporkan bahwa dua Tu-141 telah ditembak jatuh oleh pertahanan udara setempat.

Tak lama setelah insiden Senin (5/12/2022), Maxar Technologies, sebuah perusahaan luar angkasa swasta AS yang telah memberikan dukungan intelijen satelit kepada militer Ukraina, milik pembayar pajak AS, menerbitkan bidikan satelit, yang diduga berasal dari Pangkalan Udara Engels, yang dikatakan diambil pada tanggal 3 dan 4 Desember, "menunjukkan aktivitas militer baru-baru ini di dan dekat lapangan terbang yang menampung unit penerbangan pengebom berat."

Satellite imagery from Dec 3 & 4, 2022, of Engels air base, #Russia (before reports of explosions at the base), showing recent military activity at & near the airfield which houses a heavy bomber aviation unit, primarily comprised of Tu-95 (Bear) & Tu-60 (Blackjack) bombers. pic.twitter.com/6MvyY8R14N

Maxar Technologies (@Maxar) December 5, 2022

Foto-foto menunjukkan lebih dari dua lusin Tu-95 "Bear" dan Tu-160 "White Swans" yang strategis di landasan pacu pangkalan, beberapa di antaranya lepas landas dan terbang.

Sputnik tidak dapat segera mengkonfirmasi keaslian gambar tersebut. Foto menunjukkan sedikit jika ada tutupan salju di medan yang mengelilingi fasilitas yang ditampilkan dalam gambar. Namun, wilayah Saratov telah melaporkan suhu di bawah titik beku dan salju ringan sporadis sejak 25 November.