Ini Rekomendasi Aplikasi Peringatan Gempa di Ponsel Android dan iOS

Ini Rekomendasi Aplikasi Peringatan Gempa di Ponsel Android dan iOS

Teknologi | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 20:57
share

IDXChannel - Koordinator Dukungan Instruksional dan Penelitian Negara Bagian Chico AS, Bill Koperwhats, mengungkap ada aplikasi dengan teknologi terbaru untuk mendeteksi gempa bumi.

Aplikasi tersebut dikembangkan oleh Robert Allen, seorang profesor di UC Berkeley, dan dinamakan MyShake. Aplikasi ini dapat menarik data jaringan seismik dan menggunakan sensor di ponsel untuk mendeteksi goncangan dan gempa bumi.

Inovasi ini mulai dikembangkan sejak 2019. Sebagai catatan, alat ini tidak memprediksi adanya gempa bumi, tetapi 50 detik hingga satu menit sebelum gempa bumi, aplikasi tersebut akan memberikan peringatan kepada pemilik ponsel tentang apa yang akan terjadi berdasarkan data seismik.

Jika terdeteksi, sistem memberikan peringatan dini hingga satu setengah menit sebelum gelombang seismik terjadi. Itu telah menyelamatkan banyak nyawa, katanya.

Koperwhats mengklaim bahwa energi seismik dapat berjalan 10 kilometer (6,2 mil) per detik.

"Jika Anda berada 100 km (62 mil) dari pusat gempa, Anda memiliki 10 detik sebelum adanya gempa susulan menghantam Anda dan Anda mendapat peringatan di ponsel Anda dari MyShake. MyShake tersedia untuk Android dan iPhone," kata Koperwhats.

Koperwhats juga mengatakan Mexico City telah memiliki sistem peringatan dini selama hampir satu dekade.

Gempa bumi Mexico City sering terjadi di kawasan pantai. Jika terdeteksi, sistem memberikan peringatan dini hingga satu setengah menit sebelum gelombang seismik terjadi, ini akan menyelamatkan banyak nyawa.

Saat ini aplikasi MyShake tersedia untuk Android dan iPhone dan bisa digunakan di California, Washington, dan Oregon.

Selain aplikasi MyShake, aplikasi QuakeAlertUSA oleh Early Warning Labs juga bisa digunakan untuk mendapatkan peringatan gempa, bahkan untuk gempa berkekuatan lebih rendah.

Early Warning Labs mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya mengirimkan peringatan ke 928 pengguna di perangkat Android dan iOS melalui aplikasi QuakeAlertUSA.

Sistem peringatan gempa juga dimiliki Google yang menyediakan fitur peringatan gempa bertenaga ShakeAlert yang terintegrasi ke dalam Sistem Operasi Android. Buka opsi Keselamatan dan darurat di Pengaturan di ponsel Anda dan pilih "Peringatan gempa". Diperkirakan akan mengalami guncangan level 3 pada Skala Intensitas Mercali yang Dimodifikasi, yang mengukur intensitas gempa yang menampilkan data seismik langsung.

Bagi masyarakat di Indonesia, Anda dapat undung aplikasi Info Gempa Indonesia dan Info Gempa Bumi Terkini yang dibuat bersumber dari data BMKG indonesia.

Fungsi aplikasi ini secara umum sama seperti aplikasi Info BMKG, bahkan data yang ditampilkan di aplikasi ini adalah data yang sama dengan yang ditampilan pada aplikasi resmi BMKG. Bedanya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan.

Penulis: Savira Agustin

(IND)

Topik Menarik