Tips Baterai Laptop Awet, Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini

Tips Baterai Laptop Awet, Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini

Teknologi | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 18:04
share

JAKARTA, Lintasbabel.iNews,id - Tips baterai laptop awet akan jadi pembahasan kita kali ini. Beberapa tips pada artikel ini mungkin bisa menambah pengetahuan Anda para pemilik llaptop, supaya bisa menjaga agar baterai perangkat Anda lebih awet dalam penggunaannya.

Laptop sendiri, saat ini bukan lagi barang mahal, karena di pasarana terdapat laptop dengan harga yang terjangkau dan dengan berbagai model tentunya, sesuai dengan kebutuhan penggunannya.

Namun, dalam penggunaannya, si pemakai terkadang kurang memperhatikan salah satu komponen yang ada di laptop itu sendiri, sehingga dapat mempengaruhi performa atau kinerja piranti tersebut. Salah satunya adalah baterai.

Sejatinya terdapat beberapa tips agar baterai laptop tidak boros, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, tanpa harus repot-repot mengisi daya terlebih dulu atau bahkan bisa berujung pada membeli baterai baru.

Lantas, bagaimana caranya agar baterai laptop jadi tahan lama? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Kurangi Kegiatan Multitasking

Tutup semua aplikasi atau program yang tidak perlu yang berjalan di latar belakang. Mengurangi kegiatan multitasking untuk laptop Anda akan membantu menghemat daya baterai.

2. Turunkan Kecerahan Layar

Anda harus menurunkan kecerahan layar laptop. Pasalnya membiarkan layar Anda terlalu terang akan menguras baterai lebih cepat.

3. Matikan Speaker

Jika sedang melakukan banyak pekerjaan, cobalah untuk tidak menyalakan musik. Pasalnya speaker laptop benar-benar menguras daya laptop sangat besar.

4. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth

Ketika tidak digunakan matikan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth. Pasalnya mereka dapat menghabiskan baterai Anda bahkan jika Anda tidak terhubung ke apa pun. Wi-Fi dan Bluetooth akan terus-terus mencari perangkat yang akan disambungkan.

5. Hidupkan Mode Hemat

Cobalah untuk menyalakan mode hemat daya laptop Anda. Pada mesin Windows, klik ikon baterai di bilah tugas Windows, lalu alihkan pengaturan baterai Anda dari Seimbang ke Penghemat Daya. Pada MacBook, Anda dapat mengakses pengaturan Energy Saver dengan mengklik ikon baterai di toolbar bagian atas atau melalui System Preferences -> Penghemat Energi.

Nah, itulah tadi tips baterai laptop awet yang bisa anda praktekkan langsung. Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda!

Artikel ini telah tayang di OkeZone.com, dengan judul : 5 Tips Agar Baterai Laptop Tahan Lama

Topik Menarik