Loading...
Loading…
Google Ejek Apple, Sebut iPhone Masih Pakai Teknologi Tahun 1990-an

Google Ejek Apple, Sebut iPhone Masih Pakai Teknologi Tahun 1990-an

Powered by BuddyKu
Teknologi | PortalMedia | Senin, 05 Desember 2022 - 14:56

PORTALMEDIA.ID - Google mengejek Apple dan menyebut ponsel iPhone masih menggunakan teknologi tahun 1990-an. Alasannya, perusahaan Tim Cook itu masih belum mengadopsi Rich Communication Services (RCS).

RCS adalah teknologi pesan singkat yang merupakan kelanjutan dari SMS. RCS memungkinkan pengguna tak hanya mengirim teks, tetapi juga multimedia seperti foto, video, atau stiker.

Google mengatakan kalau sebagian besar perusahaan seluler sudah menggunakan RCS, berbeda dengan Apple yang masih bertahan dengan SMS. Bahkan, Google menyebut kalau Apple tidak menerapkan RCS setelah 30 tahun.

"Semua operator dan pabrikan seluler telah mengadopsi RSC sebagai standar, kecuali Apple. Apple menolak untuk menerapkan RCS dan terus mengandalkan SMS ketika para pengguna iPhone mengirim pesan ke para pengguna Android," kata Group Product Manager at Messages by Google, Neena Budhiraja,dikutip dari suara.com, Senin (5/12/2022).

"Mudah-mudahan Apple bisa #GetTheMessage jadi kita tidak perlu menunggu untuk menghapus semua \'gelembung hijau vs biru\'," lanjut dia.

Budhiraja juga mengungkap keunggulan RCS ketimbang SMS. RCS menggunakan keamanan enkripsi end-to-end, sedangkan SMS tidak.

Dia menyebut kalau semua pesan yang dikirim menggunakan Messages buatan Google telah dienkripsi.
Sehingga, pesannya bersifat pribadi dan aman karena hanya bisa dilihat oleh pengirim dan penerima.

Budhiraja juga menyatakan kalau RCS dirancang untuk bekerja secara universal. Semua operator dan produsen seluler telah mengadopsi RCS sebagai standar, kecuali Apple.

Di sisi lain, Apple memiliki platform iMessage buatan sendiri untuk memfasilitasi komunikasi antar iPhone.
Sebenarnya aplikasi itu aman dan terenkripsi, tetapi formatnya berubah jadi SMS ketika berinteraksi dengan perangkat Android.

Jadi pengguna iPhone yang mengirim pesan ke Android memiliki format berbeda. Misalnya gelembung pesannya menjadi warna hijau, yang mana kalau dikirim dari iPhone ke iPhone warnanya adalah biru.
Pengiriman pesan multimedia juga tidak mendukung apabila iMessage dikirim ke ponsel Android.

Jadi pengguna mesti menggunakan aplikasi chat pihak ketiga seperti WhatsApp untuk mengirim pesan berupa foto, video, atau voice note.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{