Benarkah Inggris Ingin Hilangkan Indonesia dari Peta Dunia?

Benarkah Inggris Ingin Hilangkan Indonesia dari Peta Dunia?

Teknologi | BuddyKu | Jum'at, 2 Desember 2022 - 10:44
share

Video mencatut Indonesia dan Inggris beredar di media sosial. Video tersebut dibagikan pengguna akun Facebook ini pada 30 November 2022.

Video itu dilengkapi narasi yang mengatakan, Inggris ingin menghilangkan Indonesia dari peta dunia.

Berikut narasi yang melengkapi video terkait.

"Gawat Darurat !! Tak Main Main Inggris Ingin Hilangkan Indonesia Dari Peta Dunia"

Kemudian dilakukan penelusuran untuk cek fakta, tidak benar Inggris ingin menghilangkan Indonesia dari peta dunia.

Video tersebut membawakan narasi yang senada dengan artikel CNBC Indonesia berjudul "Inggris Ancam Serang Balik Putin, Sudah Siapkan Senjata Ini", tayang pada 6 Mei 2022.

Artikel itu membahas respons Inggris terhadap invasi Rusia ke Ukraina. Inggris disebut akan mengirimkan senjata anti-pesawat kepada Ukraina.

Dalam video terkait, kata yang berhubungan dengan Rusia diubah dan dikaitkan dengan Indonesia. Hal itu juga dikaitkan dengan polemik Pulau Pasir yang ramai diperbincangkan warganet.

Melansir Tribun Kaltim, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu Abdul Kadir Jaelani telah menjelaskan bahwa Pulau Pasir merupakan milik Australia yang diwariskan oleh Inggris lewat Ashmore and Cartier Acceptance Act pada 1933.

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Inggris ingin menghilangkan Indonesia dari peta dunia adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi kredibel yang menyatakan demikian.

Topik Menarik