Loading...
Loading…
Kode Rahasia Kaisar Romawi Suci Lima Abad Lalu Terpecahkan, Isinya Soal Rencana Pembunuhan

Kode Rahasia Kaisar Romawi Suci Lima Abad Lalu Terpecahkan, Isinya Soal Rencana Pembunuhan

Powered by BuddyKu
Teknologi | Indozone | Selasa, 29 November 2022 - 20:35

Setelah lima abad berlalu, sebuah surat yang ditulis dengan kode rahasia oleh Charles V, mantan Raja Spanyol dan Kaisar Romawi Suci akhirnya berhasil dipecahkan oleh para kriptografer.

Kode yang awalnya sangat membingungkan ini berhasil dipecahkan yang ternyata isinya berisikan rencana pembunuhan .

Dikutip dari IFL Science , surat tersebut terenkripsi pada Februari 1547 di tengah konflik yang sedang berlangsung yakni perang Italia. Perang ini melibatkan pertemuan antara Prancis melawan Spanyol.

Untuk menghadapi perang, Charles mengirim utusannya ke duta besar Prancisnya Jean de Saint-Mauris, menginstruksikan dia untuk melaporkan kembali tentang desain militer Francis I, raja Prancis.

Kode rahasia rencana pembunuhan
Ilustrasi surat berisikan kode rahasia rencana pembunuhan. (IFL Science)

Was-was dengan adanya penyadap, kaisar yang merasa tidak aman memastikan untuk membuat pesannya menggunakan kode yang bahkan sulit untuk diurai oleh para penyelidik jagoan.

Charles V menggunakan beberapa trik untuk menghilangkan potensi surat itu dibaca dan dipahami oleh penyusup atau pencegat pembawa pesan.

Salah satu trik yang dipakai adalah banyaknya karakter tidak berarti yang diselingi di seluruh teks, yang bertindak sebagai pengalih perhatian yang harus diabaikan untuk membaca pesan.

Setelah memecahkan kode surat tersebut, para peneliti menemukan bahwa sang kaisar ternyata sangat prihatin dengan rumor bahwa pemimpin militer Italia Pierre Strozzi yang melayani Francis I berencana untuk membunuhnya.

Namun, setelah diinstruksikan untuk menyelidiki situasinya, Saint-Mauris mengirim laporan kembali ke Charles pada bulan berikutnya menjelaskan bahwa rumor tersebut tidak benar.

Artikel Menarik Lainnya:


Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{