4 Ciri Wiper Mobil Rusak, Wajib Ganti Agar Kaca Tak Baret dan Kecelakaan

4 Ciri Wiper Mobil Rusak, Wajib Ganti Agar Kaca Tak Baret dan Kecelakaan

Teknologi | uzone.id | Senin, 28 November 2022 - 15:30
share

Uzone.id Wiper memegang peran sangat penting di musim hujan. Sayangnya, karena hanya beroperasi saat dibutuhkan, kita mungkin kerap lupa melakukan perawatan.

Walaupun kondisinya terlihat baik, namun harus memperhatikan beberapa hal yang menjadi ciri karet wiper rusak, supaya tetap aman dan nyaman ketika berkendara di musim hujan.

1. Tidak Optimal Menyeka Air

Penyeka kaca yang kondisinya masih bagus akan bekerja optimal dalam membersihkan air. Namun, wiper yang rusak tidak akan sanggup menyeka air dengan baik, terutama ketika hujan deras.

Kerusakan umumnya terjadi pada bilah pemegang karet wiper yang lemah pegasnya sehingga wiper gagal mengikuti kontur kaca saat bekerja dan meninggalkan jejak air.

2. Suara Berisik Saat Beroperasi

Wiper yang kondisinya masih bagus ditandai oleh karet yang masih lentur dan tidak keras. Seiring waktu dan pemakaian, karet wiper akan semakin kaku dan kehilangan fleksibilitas.

Biasanya, karet wiper yang sudah mengeras akan menimbulkan bunyi berisik saat bergesekan dengan kaca mobil.

3. Garis Air di Kaca Mobil

Karena sudah tidak lentur, akan muncul banyak garis-garis air pada kaca ketika wiper bekerja.

Selain membuat sapuan air kurang maksimal, garis air juga akan mengakibatkan baret pada kaca mobil yang akan menghalangi pandangan keluar.

Jika didiamkan, baret akan semakin parah dan membuat kaca mobil rusak.

4. Gerakan Wiper Tidak Lancar

Jika karet dalam kondisi masih bagus, gerakannya akan terasa lancar. Tapi ketika karet sudah keras, maka saat wiper dinyalakan gerakannya saat menyapu air bakal tersendat-sendat.

Bahkan dapat membuat bilah wiper patah akibat terlalu sulit bergerak. Sama dengan ciri-ciri lainnya, sapuan wiper tidak akan maksimal sehingga mengganggu pandangan dan membuat kaca mobil rusak kalau didiamkan.

Sempatkan Memeriksa Kondisi Wiper

Kita dapat melihat langsung kondisi wiper dan pastikan karetnya tidak getas atau keras, termasuk mengecek kondisi bilah pemegangnya.

Ingat, wiper rusak membuat pandangan pengemudi berkurang ketika hujan turun sehingga berisiko memicu kecelakaan.

Tidak kalah merepotkan adalah munculnya baret di kaca yang sulit dihilangkan, bahkan karus ganti kaca mobil kalau tidak dapat diperbaiki.

Kita juga bisa melihat kondisi wiper ketika bekerja. Ketika wiper menyapu air, di kaca akan terlihat adanya sisa air atau sapuannya tidak bersih.

Salah satu komponen penting di musim hujan yang kerap terlupakan adalah wiper. Begitu wiper bermasalah, kita tidak dapat mengemudi dengan aman dan nyaman. Dampak buruk lainnya adalah kaca mobil baret yang sulit dihilangkan, jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

VIDEO Test Drive Suzuki Baleno Facelift:

Topik Menarik