Loading...
Loading…
Dijamin Lebih Awet dengan 5 Tips agar Baterai HP Tidak Panas

Dijamin Lebih Awet dengan 5 Tips agar Baterai HP Tidak Panas

Powered by BuddyKu
Teknologi | WartaEkonomi | Senin, 14 November 2022 - 19:53

Tentu kamu sudah tahu bahwa setiap orang akan menggunakan alat telekomunikasi berupa hp, baik yang masih Android atau iPhone. Hp sendiri mempunyai peran yang sangat penting, mulai dari kalangan anak sekolah atau orang dewasa. Namun terkadang ada beberapa kendala yang dialami pengguna, salah satunya adalah baterai panas. Sehingga kamu akan sangat membutuhkan tips agar baterai hp tidak panas.

Karena memang ada banyak penyebab dari panasnya baterai hp. Mulai dari kondisi lingkungan atau penggunaan yang berlebihan. Sedangkan baterai yang sering panas, tentu akan membuat hp menjadi lebih mudah rusak. Bahkan ketika kamu memaksakan penggunaan hp saat baterai panas, maka hal tersebut akan menyebabkan dampak yang buruk.

Ketahui Penyebab serta Beberapa Tips agar Baterai Hp Tidak Panas

Baterai yang panas tentu juga akan merambat dan menyebabkan hp juga ikut menghantarkan rasa panasnya. Bahkan ada yang mempunyai kendala hp panas padahal hanya dipakai sebentar. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus memahami apa penyebabnya. Karena dengan mengetahui penyebabnya, maka kamu akan jauh lebih memahami dan mengerti.

Penyebab dari Panasnya Hp

Kamu seharusnya tahu bahwa penyebab dari panasnya hp adalah karena baterainya, dan itulah mengapa rasa penghantarnya melalui body ponsel. Bahkan kamu harus belajar mengenai penyebabnya dan di bawah ini kawangadget.com akan memberikan beberapa ulasannya.

1. Akibat Baterai Bermasalah

Sebelum kita akan membahas mengenai tips agar baterai hp tidak panas, maka selalu perhatikanlah keadaan dari baterainya sendiri. Karena saat kinerja baterai mulai menurun, maka daya baterai juga akan cepat bocor.

Hal itulah yang mampu menyebabkan baterai cepat habis sekaligus membuatnya panas. Sedangkan jika ada masalah di dalam baterainya, maka baterai akan jauh lebih mudah panas dan dihantarkan melalui body belakang ponsel. Kamu tidak boleh menyepelekan baterai hp yang panas, sebab ada beberapa kejadian ponsel meledak akibat terlalu panas.

2. Karena Sinyal Seluler yang Lemah

Saat sinyal provider mulai lemah, maka hp akan bekerja keras untuk mendapatkan sinyal. Sedangkan hal inilah yang menjadi salah satu penyebab hp panas, meskipun hanya digunakan dalam kurun waktu sebentar.

Hal tersebut dapat terjadi juga karena hp terus menerus mencari sinyal, sehingga suhu yang dihasilkan akan terus meningkat dan baterai menjadi boros serta cepat panas. Sedangkan untuk kamu yang akan mengatasi hal tersebut, maka cukup dengan mematikan sinyal seluler. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan jaringan WiFi saja, supaya beban di hp sedikit berkurang dalam mencari sinyal.

3. Akibat Bermain Game Terlalu Lama

Semua orang sudah tahu bahwa game telah menjadi salah satu hiburan dan bahkan mencakup dunia anak-anak hingga orang dewasa. Namun pada dasarnya bermain game justru dapat menguras baterai dan membuatnya menjadi panas. Hal tersebut karena permainan game akan membuat layar, RAM, chipset, serta storage harus bekerja keras.

Komponen tersebutlah yang membuat hp mudah panas, terutama saat sedang bermain game dengan intensitas tinggi. Hal tersebut dapat berdampak buruk pada hp, sehingga kamu harus bisa mengatur jam dalam bermain game. Oleh karena itu, juga banyak pengguna yang mencari tahu tips agar baterai hp tidak panas.

4. Karena Menggunakan Charger Palsu

Ketika baterai hp sangat mudah panas, biasanya hal tersebut dapat diakibatkan oleh penggunaan charger palsu. Karena pasokan dari charger palsu, tentu tidak sesuai dengan kebutuhan hp. Oleh karena itu hal tersebut dapat menyebabkan hp cepat rusak, serta membuat baterai menjadi panas.

Selain itu daya listrik yang tidak sesuai, justru dapat membuat kinerja baterai menurun. Pastikan charger yang digunakan ori, supaya baterai tidak panas.

Beberapa Tips agar Baterai Hp Tidak Panas

Setelah kamu sudah paham mengenai beberapa penyebab yang kita tuliskan sebelumnya, maka di bawah ini akan dijelaskan kembali tips supaya baterai hp tidak mudah panas. Sedangkan untuk kamu yang penasaran, silahkan simak dengan baik-baik dan seksama.

Lepaskan Casing dari Hp

Mungkin sudah menjadi hal umum bahwa casing memang banyak digunakan, karena digunakan sebagai hiasan dan juga pelindung. Namun nyatanya penggunaan casing dapat membuat hp menjadi mudah panas.

Hal tersebut dapat terjadi karena, suhu yang akan keluar dari hp harus tertekan dengan keberadaan casing. Oleh karena itu, hp yang menggunakan casing dapat menyebabkan ponsel menjadi lebih sering panas. Sehingga kamu dapat mencopot casing terlebih dahulu, supaya baterai di dalam hp tidak mudah panas.

Atur Kembali Beberapa Pengaturan Hp

Mengapa orang selalu bertanya mengenai tips agar baterai hp tidak panas? Hal tersebut karena memang sudah banyak yang mengalaminya, terutama di kalangan orang gamers.

Namun ternyata juga ada beberapa pengaturan yang justru membuat baterai menjadi panas, sehingga kamu dapat mengatur ulang kembali. Cahaya layar yang juga terlalu terang, dapat menyebabkan baterai mudah panas. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, silakan kamu atur kembali kecerahan di layar hp.

Selain itu, kamu dapat mengubah pengaturan otomatis seperti bluetooth, WiFi, pembaruan aplikasi, atau lain sebagainya. Karena pengaturan yang didasari otomatis, justru menjadi salah satu penyebab baterai hp panas.

Uninstal Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Penggunaan aplikasi berlebih atau terlalu banyak, juga dapat menyebabkan baterai hp menjadi panas. Oleh karena itu kamu dapat menguninstal aplikasi yang tidak perlu, serta mengontrol penggunaannya. Karena membiarkan aplikasi tetap terbuka padahal tidak digunakan dapat menyebabkan hp menghabiskan banyak daya. Bahkan dapat membuat kinerja hp semakin lambat. Sehingga atur semua penggunaan aplikasi di dalam ponsel.

Mengaktifkan Mode Pesawat

Tips agar baterai hp tidak panas adalah menginstirahatkannya dengan cara mengaktifkan mode pesawat. Karena ketika hp sudah mulai panas, hal tersebut bertanda bahwa penggunaannya terlalu berlebih. Oleh karena itu, kamu dapat mengistirahatkannya dengan cara menekan mode pesawat di ponsel.

Sedangkan untuk memaksimalkan masa istirahat tersebut, kamu juga perlu menutup setiap aplikasi yang digunakan. Selain itu, ketika kamu akan melakukan perjalanan keluar, silakan aktifkan mode pesawat supaya baterai tidak panas dan boros.

Hindari untuk Meletakkan Hp di Tempat Panas

Penyebab selanjutnya adalah lingkungan yang kamu gunakan untuk meletakkan hp. Pastikan jangan memilih lokasi dengan pencahayaan panas. Karena hal tersebut dapat memicu hp menjadi panas dan kamu dapat meletakkannya di tempat yang sejuk.

Selain itu hindari untuk menaruh hp di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung. Termasuk di bagian saku celana atau kemeja. Sedangkan jika di rumah, saat suhu hp menjadi panas, maka kamu dapat meletakkannya di bawah AC atau depan kipas angin.

Itulah beberapa penyebab serta tips agar baterai hp tidak panas. Semoga kamu dapat mengatasinya dengan mengikuti langkah di atas. Untuk kamu yang bingung mencari hp atau informasi ponsel lainnya, silakan buka website kawangadget.com.

Original Source

Topik Menarik

{