Loading...
Loading…
Kominfo: Migrasi TV Digital Bisa Ciptakan 232 Ribu Lapangan Kerja Baru

Kominfo: Migrasi TV Digital Bisa Ciptakan 232 Ribu Lapangan Kerja Baru

Teknologi | katadata.co.id | Rabu, 05 Oktober 2022 - 18:26

Migrasi dari TV analog ke TV digital dinilai bisa menciptakan 232 ribu lapangan kerja baru. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun menjabarkan manfaat dari Analog Switch-Off (ASO) ini.

Kominfo menunda proses migrasi dari TV analog ke TV digital tahun lalu menjadi tahun ini. Kementerian pun menerapkan tiga tahapan ASO, yakni 31 April, 25 Agustus, dan 2 November.

Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) seharusnya masuk tahap II yakni 25 Agustus. Namun, Kominfo memutuskan bahwa migrasi dari TV analog ke TV digital bukan berdasarkan waktu, melainkan kesiapan wilayah.

Alhasil, Jabodetabek dijadwalkan migrasi dari TV analog ke TV digital hari ini (5/10). Namun lagi-lagi, rencana ini ditunda. Kali ini, karena permintaan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI).

Meski begitu, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ismailmenyampaikan bahwa instansinya mengupayakan migrasi dari TV analog ke TV digital digelar seluruhnya sesuai target yakni 2 November. Tenggat waktu ini diatur dalam UU Cipta Kerja.

Tentu kami akan menjawab tantangan semaksimal mungkin supaya (migrasi dari TV analog ke TV digital) bisa sesuai target 2 November, kata Ismail saat konferensi pers di kantor Kominfo, yang dikutip dari tayangan virtual, Rabu (5/10).

Saat ini, migrasi dari TV analog ke TV digital sudah berlangsung di 18 wilayah yang mencakup 40 kabupaten/kota. Tersisa 94 wilayah yang belum menggelar ASO.

Manfaat Migrasi ke TV digital

Ia pun menjabarkan manfaat dari TV analog ke TV digital. Data ini merujuk pada studi Boston Consulting Group (BCG)pada 2017. Rinciannya sebagai berikut:

  1. Siaran televisi lebih bersih dan banyak pilihan program siaran. Hal ini karena pemanfaatan kanal frekuensi yang lebih efisien melalui infrastruktur multiplexing.
  2. Penambahan 181 ribu kegiatan usaha baru
  3. Menciptakan 232 ribu lapangan kerja baru
  4. Peningkatan penerimaan negara dalam bentuk pajak dan penerimaan negara bukan pajak Rp 77 triliun
  5. Berkontribusi pada produk domestik bruto (PDB) Rp 443,8 triliun
  6. Dampak lainnya ke ekonomi dan sosial, baik di sektor pendidikan, kesehatan, maupun UMKM

Namun, Indonesia dan sejumlah negara bertransformasi ke digital secara besar-besaran, maka efek berganda atau multiplayer effect dari digitalisasi penyiaran akan jauh lebih besar dibandingkan studi BCG, kata Ismail.

Kami akan melakukan analisis dan studi lanjutan atas multiplayer effect dari digitalisasi penyiaran Indonesia yang diyakini manfaatnya akan lebih besar, tambah dia.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{