Bjorka Ucapkan Duka atas Tragedi Kanjuruhan dan Bocorkan Data Menpora

Bjorka Ucapkan Duka atas Tragedi Kanjuruhan dan Bocorkan Data Menpora

Teknologi | katadata.co.id | Senin, 3 Oktober 2022 - 10:58
share

Tragedi tewasnya ratusan suporter Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, menjadi perhatian dunia. Tak hanya organisasi sepak bola dunia hingga klub-klub ternama, hacker Bjorka turut mengucapkan rasa duka cita yang mendalam atas tragedi Kanjuruhan.

Belasungkawa yang tulus saya sampaikan kepada keluarga dan teman-teman para korban. Yang harus mati adalah Menpora bodoh ini, tulis Bjorka di grup Telegramnya, Minggu (2/10).

Sembari menyampaikan duka, Bjorka juga membeberkan data pribadi milik Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Data tersebut terdiri dari nomor ponsel, nama, jenis kelamin, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), alamat, tempat dan tanggal lahir, hingga jenis kendaraan.

Laga BRI Liga 1 pekan ini antara Arema FC dan Persebaya Surabaya berujung kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10).

Kerusuhan tersebut terjadi setelah wasit meniup peluit panjang, dengan kekalahan Arema FC di kandangnya dari rivalnya Persebaya dengan skor 2-3.

Beberapa lembaga memberikan data korban yang berbeda-beda. Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan jumlahnya hingga siang tadi mencapai 129 korban tewas dan 188 luka-luka.

Kepolisian mencatat korban jiwa mencapai 127 dengan 180 korban luka-luka. Sementara Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) mendapatkan informasi bahwa jumlahnya terhitung hingga 153 orang.

Jumlah korban dalam peristiwa ini menjadikannya sebagai tragedi kedua paling mematikan dalam sejarah olahraga sepak bola.

Organisasi sepak bola dunia, Federation Internationale de Football Association (FIFA), turut memberikan rasa duka cita yang mendalam.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan dunia sepak bola sedang syok menyusul insiden tragis yang terjadi di Indonesia pada akhir pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan.

Ini adalah hari yang gelap bagi semua yang terlibat dalam sepak bola dan sebuah tragedi di luar pemahaman. Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada keluarga dan teman-teman para korban yang kehilangan nyawa setelah insiden tragis ini," ujar Infantino dalam pernyataan resmi di situs FIFA.

FIFA bersama komunitas sepak bola global, mencurahkan pikiran dan doa kepada para korban tewas, dan yang mengalami luka-luka. "Bersama rakyat Republik Indonesia, Konfederasi Sepak Bola Asia, Persatuan Sepak Bola Indonesia, dan Liga Sepak Bola Indonesia, pada saat yang sulit ini.

Ucapan belasungkawa juga datang dari klub Manchester United, Liverpool, Barcelona, hingga Arsenal. Semua menyampaikan rasa belasungkawa dan penyesalan terhadap terjadinya peristiwa ini melalui media sosial resmi milik klub tersebut.

Tak hanya klub sepak bola dunia, beberapa pemain dunia pun menyampaikan rasa belasungkawa terhadap tragedi yang terjadi di Malang. Ucapan datang dari legenda Spanyol yang bermain untuk klub Paris Saint Germain, Sergio Ramos, dan legenda Jepang Keisuke Honda.

Terkait peristiwa ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada korban.

Saya meminta Menkes dan Gubernur Jawa Timur memonitor khusus pelayanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan terbaik, kata Jokowi dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (2/10).

Jokowi juga memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk mengevaluasi secara menyeluruh pelaksanaan pertandingan sepak bola dan prosedur pengamanan penyelenggaraan pertandingan tersebut.

Topik Menarik