Harapan Anies untuk Pemerintah Pusat: Buat Rute KRL Menuju JIS

Harapan Anies untuk Pemerintah Pusat: Buat Rute KRL Menuju JIS

Teknologi | jitunews.com | Jum'at, 23 September 2022 - 06:00
share

JAKARTA, JITUNEWS.COM Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berakhir pada 16 Oktober mendatang.

Ia berharap pemerintah pusat ke depannya membuat rute KRL menuju Jakarta International Stadium (JIS).

Sebab, Stasiun Ancol yang paling dekat dari JIS sekalipun jaraknya masih terbilang jauh, yakni 3 kilometer.

Harapan itu tertuang dalam Pergub Nomor 25 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Daerah (RPD) DKI Jakarta tahun 2023-2026. Pergub itu diteken Anies sedari 10 Juni lalu.

Anies menilai transportasi umum dari dan menuju JIS sangat penting. Fasilitas tersebut diyakini dapat menghidupkan kawasan JIS dengan berbagai kegiatan. Mulai dari olahraga, seni budaya, ekonomi, hingga keagamaan.

Akses dari dan menuju kawasan (JIS) juga akan terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti BRT, MRT, dan LRT yang terhubung dengan akses pejalan kaki yang memadai. Selain itu juga, didorong melalui pengembangan aksesibilitas stasiun KRL JIS yang merupakan kewenangan pemerintah pusat, bunyi Pergub tersebut.

Selain itu, RDP juga merekam rencana pembangunan LRT Jakarta Fase 2A sepanjang 8km dari Kelapa Gading - JIS dan Fase 3A rute JIS - Rajawali sepanjang 5,6 km.

Anies juga mengharapkan integrasi dari sektor bisnis dan manajemen guna memaksimalkan potensi pariwisata.

Konsep integrasi kawasan ini tidak hanya dari sisi fisik, tetapi juga dari sisi bisnis dan manajemen untuk memaksimalkan potensi ekonomi pariwisata yang tinggi, misalnya dengan mengintegrasikan dengan kawasan wisata Ancol, tulis di RPD.

Topik Menarik