Loading...
Loading…
Vladimir Putin Ancam Gunakan Senjata Nuklir, Presiden Ukraina: Saya Tidak Percaya

Vladimir Putin Ancam Gunakan Senjata Nuklir, Presiden Ukraina: Saya Tidak Percaya

Teknologi | jitunews.com | Kamis, 22 September 2022 - 14:53

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Ukraina Vladimir Zelensky mengatakan bahwa dirinya "tidak percaya" jika Moskow dapat menggunakan senjata nuklir dalam konflik yang sedang berlangsung. Hal itu ia sampaikan dalam wawancara dengan tabloid Jerman, Bild pada hari Rabu (21/9).

Saya tidak percaya bahwa dia [Presiden Rusia Vladimir Putin] akan menggunakan senjata ini (nuklir), kata Zelensky kepada Bild ketika ditanya tentang potensi serangan nuklir terhadap negaranya.

Zelensky menambahkan bahwa rencana militer Kiev untuk membebaskan wilayah Ukraina yang dikuasai oleh Rusia tidak berubah.

"Sejauh ini, strategi Kiev tetap tidak berubah. Kami akan bertindak sesuai dengan rencana kami selangkah demi selangkah. Saya yakin kami akan membebaskan wilayah kami, tambahnya.

Sang presiden juga mengecam referendum soal bergabungnya Donetsk dan Lugansk, dua wilayah di Provinsi Donbass, dengan Rusia.

Zelensky menyebutnya sebagai referendum palsu, menambahkan bahwa sebagian besar negara di dunia tidak akan mengakuinya.

Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari, mengutip kegagalan Kiev untuk mengimplementasikan perjanjian Minsk, yang dirancang untuk memberikan status khusus kepada wilayah Donetsk dan Lugansk. Protokol yang ditengahi oleh Jerman dan Prancis tersebut pertama kali ditandatangani pada tahun 2014.

Beberapa hari sebelum melancarkan serangan militer ke Ukraina, Presiden Vladimir Putin mengakui kemerdekaaan Lugansk dan Donetsk.

Original Source

Topik Menarik