Erdogan Sebut Hal Ini Bisa Selesaikan Konflik Ukraina

Erdogan Sebut Hal Ini Bisa Selesaikan Konflik Ukraina

Teknologi | jitunews.com | Rabu, 21 September 2022 - 16:56
share

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa konflik Ukraina bisa diselesaikan jika Rusia bersedia mengembalikan seluruh wilayah yang mereka kuasai setelah operasi militer khusus akhir Februari kemarin. Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan kantor berita PBS pada Senin (19/9).

Saat ditanya apakah Moskow dapat diizinkan untuk mempertahankan wilayah yang diperoleh sejak konflik dimulai pada Februari, Erdogan mengatakan: Tidak, dan tidak diragukan lagi tidak.

Jika perdamaian akan dibangun di Ukraina, tentu saja, pengembalian wilayah yang diserbu akan menjadi sangat penting. Inilah yang diharapkan. Ini yang diinginkan, ujarnya.

Wilayah yang diserbu (Rusia) harus dikembalikan ke Ukraina, tambah pemimpin Turki itu.

Erdogan mengatakan bahwa tidak ada invasi yang dapat dibenarkan, tetapi mengakui bahwa pada saat yang sama, sebelum pecahnya konflik ini, banyak hal telah terjadi.

Ditanya tentang Krimea, yang bersatu kembali dengan Rusia setelah referendum 2014, Erdogan menekankan bahwa dia telah meminta "sahabatnya [Vladimir] Putin" untuk mengembalikan Krimea ke "pemilik yang sah". Hanya saja, Erdogan mengakui bahwa hal ini "sayangnya" tidak terjadi.

Erdogan telah mempertahankan posisi netral dalam konflik Ukraina dan menekankan bahwa PBB harus melakukan penyelidikan atas dugaan tindak kejahatan perang dan memainkan peran aktif sebagai mediator di antara kedua pihak yang bertikai.

Kami tidak akan membela satu pemimpin. Tapi, sebaliknya, kita harus mencari kesimpulan yang memuaskan semua pihak yang terlibat, tegas Erdogan.

Topik Menarik