Waspada Kejahatan Siber, Malware Berkedok Cheat Game Marak di Youtube

Waspada Kejahatan Siber, Malware Berkedok Cheat Game Marak di Youtube

Teknologi | BuddyKu | Minggu, 18 September 2022 - 09:57
share

IDXChannel - Cheat game menjadi barang yang banyak diburu para gamer. Namun, rupanya ini dimanfaatkan para penjahat siber untuk menebar malware berbahaya yang dapat mencuri berbagai jenis kedensial dari sistem korban.

Sebuah laporan dari perusahaan keamanan siber, Kaspersky mengatakan, saat ini banyak penjahat siber yang malware berbahaya dengan kedok cheat game. Aksi para penjahat ini marak dilakukan di platform YouTube.

Mereka akan memberikan link berisi malware di dalam deskripsi video YouTube yang membahas tentang cheat game. Jika link tersebut diklik, maka malware akan masuk ke sistem korban dan dengan cepat melancarkan aksi peretasan.

Seperti dilansir dari TechSpot, Sabtu (17/9/2022), stelah malware diaktifkan, payload yang juga dikenal sebagai RedLine akan mencuri data dari browser berbasis Chrome, Firefox, dan Chromium, termasuk informasi sensitif lainnya.

Belum lagi nama pengguna, kata sandi, cookie, dan kredensial perbankan juga akan diambil. Memungkinkan penjahat untuk mencuri informasi dari dompet kripto, perangkat lunak pesan instan, FTP, SSH, dan klien VPN.

Selain itu, Kaspersky juga menyebut kalau malware bisa saja membuka tautan di peramban bawaan sistem untuk mengunduh dan membuka program. Dari sana, malware dapat menyebar menggunakan skema yang lebih rumit.

Dikatakan bahwa para penjahat mengiming-imingi cheat game populer agar korban terpancing untuk mengaktifkan malware. Mulai dari Final Fantasy XIV, Forza, Lego Star Wars, Rust, Spider-Man, Stray, VRChat, DayZ, F12, Farming Simulator, dan banyak lagi.

Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari YouTube terkait adanya malware yang menyebar di platformnya. Namun diketahui bahwa YouTube sudah menutup kanal yang dilaporkan telah disusupi oleh malware berbahaya.

Dengan adanya temuan ini, maka diharapkan lebih berhati-hati lagi ketika beraktivitas di internet. Perlu diketahui juga bahwa biasanya malware berbahaya menggunakan nama file Makisekurisu.exe, cool.exe, AutoRun.exe, download.exe, dan upload.exe.

(SAN)

Topik Menarik