Loading...
Loading…
Lindungi Diri dari Hacker dengan 6 Cara ini

Lindungi Diri dari Hacker dengan 6 Cara ini

Powered by BuddyKu
Teknologi | iNewsSalatiga | Minggu, 18 September 2022 - 05:58

JAKARTA,iNews.id - Supaya tidak dibobol Hacker, perhatikan enam cara melindungi data pribadi di dunia maya. Data pribadi sangat penting bagi setiap orang untuk itu kerahasiaannya harus dijaga.

Insiden bocornya data pribadi masyarakat, serta jual beli data pribadi menjadi salah satu momok menakutkan. Pasalnya orang tidak bertanggung jawab bisa memanfaatkan data diri kita.

Mengingat kembali perihal kebocoran data registrasi kartu SIM sebanyak 1,3 miliar, kebocoran data tersebut meliputi tersebarnya NIK dan nomor telepon masyarakat.

Guna mengantisipasi hal itu, ada enam cara melindungi data pribadi di dunia maya yang dapat diterapkan, dirangkum dari berbagai sumber, simak berikut ini.

6 Cara Melindungi Data Pribadi di Dunia Maya

1. Gunakan Kata Sandi Kuat dan Ganti Kata Sandi Secara Berkala

Kombinasikan kata sandi menggunakan angka dan huruf besar kecil atau tanda baca supaya tidak mudah ditebak. Ganti kata sandi secara berkala untuk mencegah pembobolan.

2. Perhatikan Aplikasi Pada Perangkat

Lakukan update aplikasi secara berkala untuk meningkatkan keamanan aplikasi di perangkat. Selain itu, hapus perangkat yang tidak terpakai di ponsel.


3. Buat Beberapa Alamat Email

Email sangat mudah untuk diserang hacker di dunia maya. Kebanyakan masyarakat hanya membuat satu email untuk seluruh kegiatannya di media sosial. Padahal hal tersebut sangat riskan.

Untuk Itu buat beberapa alamat email sesuai dengan kebutuhan. Misalnya alamat email untuk layanan transaksi bedakan dengan alamat email untuk media sosial dan lain sebagainya.

4. Tidak Mengunduh Sembarangan Aplikasi atau Mengklik Link Mencurigakan

Berhati-hatilah jika ada seseorang tidak dikenal mengirimkan link mencurigakan baik melalui email atau laman media sosialmu. Bisa jadi link tersebut merupakan link untuk menghack data pribadi.

Selain itu ada beberapa aplikasi berbahaya yang dapat membobol data pribadi. Hindari mengunduh sembarang aplikasi.


5. Tidak Memberikan Informasi Penting Mencakup Data Diri

Penting sekali menjaga kerahasiaan data diri di dunia maya seperti KTP, SIM, passport, tiket, akte kelahiran, QR Code dan masih banyak lagi. Banyak masyarakat tidak menyadari hal yang dianggap sepele tersebut ternyata membawa dampak besar.

6. Menggunakan Antivirus Sebagai Protektor

Memaksimalkan setiap perangkat menggunakan antivirus untuk melindungi dari serangan malware. Salah satu fitur pengaman yang telah disediakan seperti setelan privasi, Two Factor Authentication (2FA), End-to-end encryption, One Time Password (OTP) dan masih banyak lagi.

Demikianlah pembahasan mengenai enam cara melindungi data pribadi di dunia maya. Semoga bisa membantu.

Original Source

Topik Menarik