Jalur Pipa Gas Nord Stream 1 Ditutup Sementara, Rusia Salahkan Eropa

Jalur Pipa Gas Nord Stream 1 Ditutup Sementara, Rusia Salahkan Eropa

Teknologi | jitunews.com | Senin, 5 September 2022 - 20:42
share

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov menjelaskan bahwa penghentian pasokan gas melalui jalur pipa Nord Stream 1 bukanlah keputusan sepihak yang diambil oleh perusahaan energi Gazprom, melainkan oleh kebijakan Uni Eropa.

"Jika orang Eropa benar-benar tidak masuk akal membuat keputusan menolak untuk melakukan pemeliharaan peralatan [Gazprom], yang harus mereka layani berdasarkan kontrak, maka ini bukan kesalahan Gazprom, itu adalah kesalahan para politisi yang membuat keputusan untuk menjatuhkan sanksi," kata Peskov, dikutip Sputniknews.

Ia juga mengecam pemerintah Uni Eropa, dengan mengatakan bahwa itu adalah kesalahan mereka bahwa warga mereka sendiri "terkejut" melihat tagihan listrik saat ini. Dia menunjukkan bahwa situasinya hanya akan memburuk ketika musim dingin tiba.

Peskov menekankan bahwa Gazprom tidak melakukan apa pun untuk merusak reputasinya sebagai pemasok sumber daya energi yang andal, yang telah dikerjakannya selama beberapa dekade. Dia menyatakan bahwa semua kesalahan dalam situasi saat ini terletak pada kebijakan negara-negara barat.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak, yang mencatat bahwa Uni Eropa dan Kanada harus mengubah keijakan sanksi mereka untuk memenuhi kewajiban kontrak soal proses pemeliharaan dan perbaikan peralatan Nord Stream.

"Kebijakan picik [Barat] mengarah pada situasi dimana kita melihat keruntuhan di pasar energi Eropa, dan yang terburuk belum datang," kata Novak.

Topik Menarik