Loading...
Loading…
20 Game Indie Populer yang Berhasil Mencuri Perhatian Dunia

20 Game Indie Populer yang Berhasil Mencuri Perhatian Dunia

Powered by BuddyKu
Teknologi | Hybrid | Selasa, 23 Agustus 2022 - 10:10

Game indie nyatanya bisa saja mencuri perhatian kalangan mainstream. Inilah 20 game indie paling populer yang harus Anda coba.

Game indie merujuk pada game yang dikembangkan secara independen oleh developer yang biasanya masih memiliki tim kecil. Developer ini biasanya berani mengambil tema-tema yang lebih berani dan bahkan tidak umum karena mereka tidak memiliki tanggung jawab terhadap publisher.

Dengan dana yang tidak sebesar game-game AAA milik publisher besar, game-game indie ini biasanya bereksperimen untuk mendapatkan perhatian para gamer. Dan tidak jarang, perhatian tersebut sangat besar yang bahkan membuat game tersebut meledak dan menjadi mainstream.

Berikut adalah daftar 20 game indie populer yang berhasil meledak dan dimainkan oleh banyak orang.

20. Limbo

Salah satu nilai kuat dari banyak game indie adalah mereka memanfaatkan istilah Less is more dengan sangat baik. Termasuk untuk Limbo yang tampil sebagai game puzzle-platform 2 dimensi bergaya hitam-putih.

Meskipun tampil sederhana, namun cerita dan imersi yang diciptakan oleh developer Playdead membuat Limbo menjadi salah satu game horor-psikologis terbaik yang pernah dibuat.

19. Castle Crashers

Bermain video game bersama teman selalu menjanjikan pengalaman yang menyenangkan. Game ini menjadi salah satu yang dapat mengeksekusi mode co-op dengan gameplay aksi yang menarik.

Meskipun mengusung tampilan 2D layaknya kartun, namun pertarungan hack and slash serta hadirnya aspek RPG dalam game ini membuat setiap pertarungan yang dilakukan terasa penting dan menyenangkan.

18.Shovel Knight

Shovel Knight membuktikan bahwa terkadang gamer menginginkan sebuah game yang sederhana, namun tetap memauaskan untuk memainkan.

Game ini berhasil meramu formula klasik dari game platformer 2D tahun 80-90an dan membuatnya terasa modern dan fresh. Rasa nostalgia yang kuat pada game ini membuatnya sangat populer hingga game -nya dirilis di berbagai platform.

17. Firewatch

Salah satu aspek yang dapat dikejar oleh game-game indie adalah impresi dari para pemainnya. Firewatch menjadi salah satu judul yang berhasil mendapatkan hal tersebut lewat cerita dan visual yang ditawarkan.

Game ini berhasil meledak saat dirilis pada 2016 silam karena berhasil membuat penasaran banyak gamer terhadap berbagai misteri yang ada dalam cerita game -nya.

16. Dead Cells

Bagi para pecinta game roguelike ala Metroid atau Castlevania, Dead Cells tentunya menjadi salah satu game modern yang benar-benar merepresentasikan genre -nya.

Tidak mengejutkan bila saat dirilis game ini langsung menjadi populer, bahkan menarik perhatian para gamer yang sebelumnya tidak terlalu menyukai game aksi platformer.

15. Valheim

Game ini menjadi salah satu yang mendapat popularitasnya berkat para YouTuber dan streamer. Hadir sebagai game bertahan hidup dengan tema viking, game ini mendaki popularitasnya dengan cepat.

Banyak gamer yang ternyata menyukai untuk memainkan game ini karena kebebasan dan sistem bertahan hidupnya yang tidak terlalu rumit. Bahkan, tidak sedikit gamer yang menikmati game -nya hanya dengan menonton gamer lain memainkannya.

14. Goat Simulator

Terkadang, semakin aneh tema yang diusung developer akan semakin membuat penasaran para gamer. Seperti yang terjadi pada Coffe Stain Studios dalam mengembangkan Goat Simulator.

Tapi siapa yang menyangka bahwa proyek yang berawal dari candaan tersebut benar-benar menjadi viral dan menarik minat banyak gamer lewat keabsurban dan kegilaan yang dapat dilakukan bersama para kambing tersebut.

13. Untitled Goose Game

Game yang lain yang mengambil tema binatang nakal adalah Untitled Goose Game. Meskipun tidak segila Goat Simulator, tetapi game ini tetap menawarkan pengalaman bermain yang menyenangkan dan juga menghibur.

Apalagi game ini menawarkan apa yang tidak ada pada Goat Simulator yaitu alur cerita yang dikemas sebagai sebuah puzzle yang harus dipecahkan oleh sang angsa.

12. Stardew Valley

Terkadang yang diinginkan oleh para penikmat game indie adalah sebuah pengalaman bermain yang mendalam dan memuaskan. Dan hal tersebut tersedia di dalam simulator berkebun, Stardew Valley .

Terinspirasi dari Harvest Moon dan Animal Crossing, game ini juga dikembangkan dengan premis dan gameplay yang sama. Visual piksel yang unik, serta mekanisme yang diseimbangkan semakin membuat game ini menyenangkan dimainkan untuk waktu yang lama.

11. Garrys Mod

Meskipun belum sampai mencapai pasar mainstream, namun Garrys Mod merupakan salah satu game indie populer paling sukses yang dimiliki oleh Valve. Dikembangkan oleh Facepunch Studio game ini menjadi salah satu favorit dari para gamer PC di era 2000an.

Daya tarik yang membuat Garrys Mod menjadi populer adalah fleksibiltas dan kebebasan yang diberikan untuk melakukan hal apapun di dalamnya menggunakan berbagai aset milik Valve. Maka tidak mengherankan game ini kemudian memiliki banyak permainan yang dibuat oleh pengguna (user-created).

10. Undertale

Bila menyebut satu game indie populer yang banyak dipuja oleh penggemarnya , Undertale tentu menjadi jawabannya. RPG bergaya piksel 2 dimensi ini memiliki pengikut setia yang masif hingga sekarang.

Banyak hal yang membuat Undertale ikonik sebagai sebuah game. Mulai dari desain unik dari karakter-karakternya, mekanisme gameplay yang memberikan dampak ke cerita, dan tentunya musik soundtrack yang ikonik.

9. Five Nights At Freddys

Game ini merupakan salah satu game yang mendapat popularitas karena YouTube. Berkat para YouTuber yang banyak memainkan game ini dalam video-video- nya, akhirnya Five Nights at Freddys menjadi dikenal oleh banyak orang.

Gameplay yang sederhana namun tetap menyajikan nuansa horor yang mencekam menjadi formula bagus bagi game ini ditayangkan di video ataupun livestream.

8. Rocket League

Secara konsep, menggabungkan sepak bola dan kendaraan merupakan kombinasi yang beresiko untuk gagal. Tetapi, eksekusi unuk yang ditawarkan oleh Psyonix membuktikan bahwa konsep tersebut bisa disukai untuk waktu yang lama.

Penggunaan mobil dengan roket dalam game ini membuat aksi para pemain di dalam Rocket League menjadi lebih akrobatik. Sehingga membuat setiap pertandingan menjadi sesuatu yang selalu unik.

7. Human: Fall Flat

Pada dasarnya, game ini merupakan game puzzle berbasis physic layaknya Portal dan Limbo. Namun, yang membuat game ini menjadi begitu populer malah datang dari interaksi terhadap dunia dan pemain lainnya.

Dengan pergerakan aneh dan lucu dari karakter game -nya, banyak pemain Human Fall Flat yang malah bersenang-senang dengan physic game -nya. Game ini bahkan menjadi sangat populer di Tiongkok untuk dimainkan bersama.

6. Cuphead

Ada banyak faktor yang membuat Cuphead menjadi populer seperti sekarang. Mulai dari konsep unik ala karton kuno yang diusung, hingga kesulitan game -nya yang menanatang.

Namun totalitas yang dilakukan oleh Studio MDHR, termasuk mereplikasi teknik animasi kuno untuk game mereka berbuah manis. Karena sejak dirilis pada 2017, game ini mendapat pengakuan khusus dari para gamer berkat estetika game -nya yang unik.

5. Fall Guys

Terinspirasi dari beberapa game show di TV seperti Benteng Takeshi dan juga Wipeout, developer asal Inggris Mediatonic mencoba membawa konsep tersebut ke dalam video game .

Meskipun awalnya skeptis, eksekusi tema yang tepat untuk permainan tersebut membuat Fall Guys menarik banyak gamer. Popularitasnya kini juga semakin meningkat pasca akuisisi oleh Epic Games yang kini membuat Fall Guys menjadi game free-to-play.

4. Angry Bird

Membicarakan game mobile tidak bisa lepas dari game melempar burung marah satu ini. Dikembangkan oleh Rovio Entertainment, game ini sebenarnya menjadi tumpuan untuk terlepas dari kebangkrutan.

Untungnya, kepercayaan mereka terhadap konsep sederhana menghancurkan bangunan menggunakan burung menjadi peluru tersebut berbuah manis. Karena game ini meledak di awal kemunculan iPhone dan terus berkembang hingga sekarang.

3. Among Us

Siapa yang tidak mengenal game multiplayer deduksi sosial yang satu ini. Terinspirasi dari game sosial Werewolf dan film fiksi ilmiah The Thing, popularitas Among Us meroket dari yang awalnya sebuah game indie sederhana.

Developer Innersloth mulai mengembangkan game ini pada 2017. Awalnya game ini hanya dibuat untuk platform mobile dengan satu map saja. Namun tentunya kini berkembang pesat memenuhi keinginan para pemainnya.

2. Terraria

Bagi para penggemar game 2D, game ini kemungkinan besar berada di peringkat atas. Meskipun kini namanya mulai meredup, namun Terraria sempat sangat populer dan mampu bersaing dengan Minecraft.

Meskipun memiliki tampilan 2D, namun Terraria memiliki banyak fitur mulai dari eksplorasi, crafting, membangun, hingga pertarungan melawan berbagai mahluk dalam dunianya

1. Minecraft

Minecraft menjadi salah satu game yang memiliki sejarah panjangnya hingga sekarang. Meskipun saat ini Mojang Studios telah menjadi milik Microsoft, namun game ini tetap dimulai sebagai game indie.

Game ini awalnya dibuat oleh Markus Notch Persson dan diluncurkan ke publik pada 2009. Awalnya game ini bernama Cave Game dan sedikit demi sedikit terus berkembang hingga sekarang menjadi salah satu game tersukses sepanjang masa.

Original Source

Topik Menarik