5 Teknologi Kuno yang Bertahan hingga Sekarang

5 Teknologi Kuno yang Bertahan hingga Sekarang

Teknologi | BuddyKu | Rabu, 17 Agustus 2022 - 10:15
share

JAKARTA - Seiring perkembangan zaman, teknologi yang ditemukan terus mengalami kemajuan. Namun, ada beberapa di antaranya yang masih terus bertahan hingga sekarang.

Saking canggihnya, teknologi-teknologi ini bahkan tidak jarang membuat orang-orang di zaman sekarang terheran-heran dengan inovasi zaman dahulu.

Lantas, apa saja teknologi kuno yang masih bertahan hingga sekarang? Diolah dari kanal YouTube iNews Variety Show, Rabu (17/8/2022), simak paparan berikut.

1. Pilar Besi Delhi

Pilar berdiri di halaman masjid Quwwatul Delhi, India. Benda ini telah dibuat dari 1.500 tahun lampau. Pilar ini menjadi salah satu monumen yang paling misterius karena besinya sendiri hingga saat ini masih sangat bersih.

Tidak ada karat yang terlihat di pilar meskipun tidak dipoles. Peneliti menyebut ini karena adanya zat anti karat rahasia yang hingga saat ini masih menjadi misteri. Pilar sendiri memiliki diameter 41cm dan di tanam sedalam 93cm.

2. Beton Romawi Kuno

Struktur beton Romawi Kuno yang berada di Colosseum di Roma benar-benar sukses membuat ilmuwan modern bingung. Pasalnya beton tersebut tak lekang dimakan zaman bahkan hingga lebih dari 2000 tahun.

Penelitian mengungkap bahwa resep dari beton modern dengan beton Romawi kuno itu berbeda jauh. Beton Romawi Kuno terbuat dari bahan-bahan seperti abu vulkanik air kapur dan air laut campuran.

Campuran ini kemudian dilebur pada suhu rendah untuk mengurangi kadar karbon dalam semen. Resep ini lah yang membuat semen Romawi tahan jauh lebih lama dibanding bangunan modern.

3. Pedang Damaskus

Pedang Damaskus memang tidak sepopuler Pedang Katana yang digunakan para Samurai. Tetapi pedang Damaskus adalah pedang terkuat dan tertajam yang pernah ada yang tercatat di sejarah pedang.

Pedang Damaskus berasal dari ibukota Suriah yaitu kota Damaskus. Material dari pedang ini terbuat dari baja yang berbeda dengan yang lainnya yaitu baja damaskus dan juga ada tambahan material lainnya.

Pedang Damaskus mengandung karbon nanotube yang kekuatannya bisa 30 kali lipat dari baja yang paling kuat. Bahkan saking tajam dan kuatnya Pedang Damaskus, bisa memotong besi.

4. Yakhchal

Yakhchal adalah tempat yang berfungsi untuk menampung semua makanan agar tetap segar dengan memanfaatkan alam. Bisa dibilang Yakhchal adalah kulkas versi kuno yang bentuknya mengerucut.

Yakhchal banyak ditemukan di daratan Iran. Di dalamnya terdapat kolam untuk menyimpan air yang dicampur kapur pasir dan abu, yang fungsinya adalah membuatnya tahan air sehingga air tidak mudah jamuran.

5. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze merupakan daerah sungai yang sudah diyakini bahwa ini adalah teknologi kuno yang menakjubkan. Arkeolog percaya bahwa ini adalah salah satu proyek manajemen air tertua di dunia.

Sungai Yangtze dibuat untuk mengurangi risiko banjir bagi orang-orang yang tinggal di sini sekitar 5000 tahun yang lalu. Orang dahulu melakukan sesuatu inovas dengan menggali tanah untuk membuat bendungan.

Mereka memperkenalkan sistem gating yang bisa membuat air menjadi terkontrol. Siistem yang mereka buat ini menjadi yang tersebar dengan luas aera mencapai 10 hektar.

Topik Menarik