Mendikbudristek: Merdeka Belajar Upaya Perluasan Akses Pendidikan

Mendikbudristek: Merdeka Belajar Upaya Perluasan Akses Pendidikan

Teknologi | BuddyKu | Rabu, 17 Agustus 2022 - 10:02
share

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyebut kebijakan Merdeka Belajar merupakan upaya untuk memperluas akses pendidikan yang berkualitas. Saat ini, terdapat 21 episode Merdeka Belajar.

Nadiem menyebut akan banyak episode Merdeka Belajar yang diluncurkan sehingga anak Indonesia dapat belajar dengan bahagia, berkarya tanpa hambatan dan berlari menyongsong dengan penuh keberanian sebagai Pelajar Pancasila. Kita telah membuktikan upaya untuk memperluas akses pendidikan yang berkualitas dengan berbagai terobosan, dengan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta berbagai program dukungan beasiswa, ujar Nadiem pada upacara berbeda peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia yang dipantau di Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Kebijakan tersebut juga meyakinkan bahwa generasi muda Indonesia terlatih dengan dunia kerja dan masyarakat sejak kuliah melalui program belajar di luar kampus. Semua itu bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Pada bidang kebudayaan, Kemendikbudristek mendorong negara-negara di dunia untuk menghadirkan dukungan pendanaan bagi seniman dan pelaku budaya agar menghasilkan karya terbaiknya. Inisiatif ini adalah kelanjutan dana abadi kebudayaan dan juga ada kanal budaya pertama di Indonesia yang telah diluncurkan, yang telah memberikan manfaat yang banyak bagi negara kita, terang dia.

Topik Menarik