Saking Waspadanya, Korut Enggan Main-main dengan Empat Negara Ini

Saking Waspadanya, Korut Enggan Main-main dengan Empat Negara Ini

Teknologi | BuddyKu | Senin, 15 Agustus 2022 - 13:54
share

IDXChannel - Sebagai negara komunis, Korea Utara (Korut), merupakan negara yang tidak mudah dilihat oleh negara luar dan sangat tertutup. Bahkan, ada beberapa negara yang sangat diwaspadai sampai enggan bermain-main dengan mereka.

Negara yang berada di bawah kepemimpinan Kim Jong-un ini tentunya tetap ingin menjaga kedaulatan negaranya. Ada sejumlah alasan hingga Korut menempatan beberapa negara tersebut masuk ke dalam daftar yang harus diwaspadai.

Berikut daftar negara yang diwaspadai Korut, simak penjelasannya:

1. Amerika Serikat (AS)

AS merupakan negara yang mendukung Korea Selatan yaitu musuh alami negaranya dan merupakan salah satu negara yang diwaspadai Korut.

Latihan militer yang sering dilakukan oleh AS dan Korsel, dinilai Kim Jong Un sebagai provokasi dan ancaman bagi negaranya.

2. Korea Selatan (Korsel)

Korut memang selalu bertindak secara tegas, bahkan saat ada warga negaranya yang meyeludupkan konten dari Korsel, ia sampai harus dihukum mati.

Menurut laporan The Diplomat, Korut bahkan tidak segan-segan menerapkan tindakan keras atas warga yang membawa informasi sosial budaya Korsel ke negara mereka.

3. China

Merupakan salah satu mitra dagang terbesar Korut, China juga disebut memiliki pengaruh terbesar dengan kepemimpinan Kim Jong-un.

Beijing juga diketahui membantu Kim untuk menolak berbagai sanksi Internasional agar rezimnya tidak jatuh.

4. Rusia

Menurut laporan Media Pemerintahan Korut, Rodong Sinmun, Korut telah mendukung Moskow menyerang Ukraina.

Sebaliknya karena bekas negara Uni Soviet yang mendukung Pyongyang, sehingga tidak heran jika Rusia disegani oleh Korut. (TYO/DILAH)

Topik Menarik