Kahubdam II Swj Gencarkan Bela Negara Pada Milenial Melalui Game PUBG

Kahubdam II Swj Gencarkan Bela Negara Pada Milenial Melalui Game PUBG

Teknologi | BuddyKu | Minggu, 14 Agustus 2022 - 16:33
share

Satuan Perhubungan Kodam II Sriwijaya (Hubdam II/Swj) menggelar event 1st Digital Warfare Award di Eightynine Coffee Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (13/8).

Acara ini mengumpulkan 100 gamers dari berbagai kalangan untuk saling beradu strategi di turnamen PUBG mobile. Kahubdam II/Swj Kolonel Chb Mohamad Nazar mengatakan, event ini digelar untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77.

Selain itu, tujuan kami adalah untuk meningkatkan gairah kegiatan permainan game online yang sekarang menjadi segmen tersendiri dan sudah menjadi sebuah olahraga digital atau e-sport, katanya dalam keterangan resminya, Minggu (14/8).

Nazar menjelaskan, ajang ini juga berkepentingan untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam bidang kemampuan IT, hard skill digital yang saat ini dibutuhkan untuk mengawaki berbagai peralatan militer yang dimiliki.

Kemampuan hard skill digital saat ini menjadi tuntutan di dalam berbagai operasi militer. Peralatan militer seperti alat-alat penginderaan jarak jauh, alat peperangan elektronik, manajemen komunikasi operasi, peralatan cyber attack sampai dengan drone tempur memerlukan kemampuan tersebut, ujarnya.

Selain itu, kata Nazar, juga menjadikan event ini sebagai sarana komunikasi sosial dan silaturahmi dengan para generasi muda yang mempunyai hobi game.

Masa depan itu, kata dia, bukan untuk dihadapi pada saat nanti, tapi harus disiapkan dari mulai sekarang. Menurutnya, membela negara bisa sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Kita berkepentingan untuk menyiapkan para generasi muda menghadapi kondisi yang tidak di inginkan. Contoh perang Rusia dan Ukraina, dimana perlawanan rakyat Ukraina maupun Rusia termasuk para pemudanya yang mempunyai hard skill digital ini, jelasnya.

Selain turnamen game PUBG mobile, acara ini juga merangkul UMKM penggiat kopi yaitu salah satu cafe kopi yang terkenal di Palembang yaitu Eighty Nine Coffee.

Kopi dari cafe tersebut diambil dari para petani kopi dari berbagai kebun di daerah Semendo, Pulau Beringin Oku Selatan.

Kopi tersebut diproses menjadi green bean, roasting sampai menjadi sajian cangkir-cangkir kopi yang sangat lezat.

Alhamdulillah, acara tersebut sukses, sinergi antara turnamen game online sambil menikmati secangkir cappucino dari biji kopi lokal Sumatera Selatan, tandasnya.