Loading...
Loading…
Rumput Laut Sulsel Tembus Cina, Minyak Nilam ke Pasar India

Rumput Laut Sulsel Tembus Cina, Minyak Nilam ke Pasar India

Powered by BuddyKu
Teknologi | Pedoman Media | Jumat, 12 Agustus 2022 - 16:17

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Rumput laut Sulawesi Selatan berhasil menembus pasar ekspor China. Sementara dua komoditas lainnya, ikan dan minyak nilam terjual hingga ke Amerika dan India.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melepas ekspor tiga komoditas ini, Jumat (12/8/2022). Ini merupakan produk binaan Astra bernama Desa Sejahtera Astra (DSA).

Adapun produk yang diekspor berasal dari 3 daerah, yakni Wakatobi, Bombana dan

Bone. Komoditas yang diekspor berupa 27 ton rumput laut diekspor ke Cina dengan nilai Rp450 juta, ikan tangkapan diekspor ke Amerika senilai Rp1,4 miliar dan 12 ribu kg minyak nilam ke India dan Pakistan dengan nilai Rp4,7 miliar.

Andi Sudirman mengapresiasi usaha PT. Astra Internasional yang mendukung produk unggulan desa untuk diekspor. Ia menilai Astra telah membuka keran bagi swasta untuk turut mendorong ekspor komoditas perikanan.

"Kita berterima kasih, dengan dukungan Astra dalam mendukung ekspor produk unggulan desa, sangat membantu nelayan," ungkapnya.

Gubernur berharap, PT Astra International Tbk terus mendorong penguatan produk unggulan desa di daerah lainnya.

"Setiap saat kita ingin melakukan ekspor. Karena ekspor menjadi kekuatan ekonomi kita di Indonesia. Dan Sulsel terus mengalami peningkatan ekspor komoditas rumput laut," jelasnya.

Original Source

Topik Menarik