Loading...
Loading…
Samsung Memperhebat Galaxy Z Fold4 5G Dengan Desain Dan Kamera Lebih Baik

Samsung Memperhebat Galaxy Z Fold4 5G Dengan Desain Dan Kamera Lebih Baik

Powered by BuddyKu
Teknologi | Hybrid | Kamis, 11 Agustus 2022 - 15:11

Dalam kategori smartphone foldable , Samsung merupakan pioner dan saat ini dengan solid memimpin. Tahun 2021 lalu, Samsung mengirimkan 10 juta smartphone foldable . Belum ada kompetitor yang mampu menjual smartphone yang dapat dilipat seleluasa Samsung secara global dan di Indonesia sendiri, Samsung masih satu-satunya.

Untuk sampai di posisinya, Samsung butuh waktu bertahun-tahun. Perjuangannya layak diapresiasi, masih ingatkan dengan iterasi awal Galaxy Fold dan Flip? Ya, kesannya perangkat eksperimental sekali, kaku, terlalu mahal, dan tidak tahan lama.

Samsung mengatakan bahwa dua generasi pertama Galaxy Z mendefinisikan kategori yang dapat dilipat ( foldable ). Akhirnya semua jauh lebih baik pada generasi ketiga, Galaxy Z Fold3 5G berfokus pada peningkatan daya tahan, kemampuan multitasking , dan dukungan S Pen.

Kombinasi teknologi yang lebih matang, harga yang tidak semahal generasi sebelumnya, dan ketahanan yang jauh lebih kuat sehingga bisa digunakan dengan normal membuat popularitas Samsung Galaxy Z Flip3 5G dan Galaxy Z Fold3 5G meledak.

Kini Samsung sudah meluncurkan smartphone foldable generasi keempat, dengan desain yang lebih ergonomi, membawa lebih banyak fitur produktivitas, dan peningkatan kamera. Sebelumnya saya sudah membahas peningkatan yang dibawa oleh Galaxy Z Flip4 5G . Sekarang mari kita fokus pada Galaxy Z Fold4 5G, hal-hal baru apa yang dibawanya?

Desain Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Samsung Galaxy Z Fold4 5G 12
Samsung Galaxy Z Fold4 5G 11
Samsung Galaxy Z Fold4 5G 10

Galaxy Z Fold4 5G adalah buah dari inovasi lini smartphone Galaxy yang berkelanjutan, sekaligus menjadi smartphone Samsung paling powerful sampai saat ini. Samsung menggabungkan berbagai keahlian teknologinya untuk menciptakan Galaxy Z Fold4 5G yang kini menawarkan pengembangan fungsionalitas baik saat dibuka, ditutup, maupun dalam Flex Mode.

Menariknya lagi, ini adalah perangkat pertama yang menjalankan Android 12L. Versi Android khusus yang didesain Google untuk pengalaman menggunakan perangkat layar besar yang lebih baik, termasuk pada foldable .

Galaxy Z Fold4 5G lebih pendek 3,1 mm dari pendahulunya, saat tertutup dimensinya 67,1 x 155,1 mm dengan ketebalan sekitar 14,2 15,8 mm. Cover screen -nya masih 6,2 inci dengan resolusi HD+ atau 2316904 piksel, menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X dengan adaptive refresh rate 48 120 Hz. Aspek rasionya berubah sedikit lebih lebar, dari 24.5:9 menjadi 23.1:9.

Samsung Galaxy Z Fold4 5G 7

Saat dibuka, dimensinya menjadi 130,1 x 155,1 x 6,3 mm dan bobotnya 263 gram. Anda disuguhkan Infinity Flex Display 7,6 inci dengan resolusi QXGA+ (21761812 piksel), menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X dengan adaptive refresh rate 1 120 Hz.

Aplikasi media sosial populer seperti Facebook pun telah teroptimalisasi dengan layar besar Galaxy Z Fold4 5G untuk pengalaman mengakses konten yang lebih nyaman. Pengguna pun bisa buka aplikasi streaming kesukaannya seperti Netflix dan menonton secara hands-free dengan Flex Mode.

Bahkan, untuk aplikasi yang tidak teroptimalisasi sekalipun, pengguna bisa mengontrol perangkat tanpa mengganggu konten yang sedang dinikmati menggunakan Flex Mode Touchpad terbaru. Pengguna bisa pause, rewind, dan play video maupun zoom in dan zoom out konten dengan akurat ketika perangkat sedang dalam posisi Flex Mode.

Kerangka bodi dan pelindung engsel dibuat menggunakan Armor Aluminum, sedangkan cover screen dan bagian belakangnya diproteksi oleh Gorilla Glass Victus+. Ketahanan layar utama pun telah ditingkatkan berkat optimalisasi struktur lapisan di dalam layar yang membuatnya lebih tahan terhadap guncangan dan meminimalkan adanya kerusakan. Bodinya tetap tahan air dan debu dengan sertifikasi IPX8.

Pengalaman Multitasking Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Samsung Galaxy Z Fold4 5G 6

Galaxy Z Fold4 5G menghadirkan pengalaman multitasking yang lebih intuitif berkat swipe gesture baru dan taskbar baru menawarkan layout layaknya PC untuk akses langsung ke aplikasi favorit dan aplikasi yang baru digunakan. Pengguna bisa beralih dari tampilan full screen ke pop-up windows maupun split screen secara instan dalam menikmati lebih banyak cara untuk multitasking .

Kolaborasi Samsung dengan Google dan Microsoft membawa multitasking ke level yang lebih tinggi. Berbagai aplikasi Google seperti Chrome dan Gmail kini mendukung fitur drag-and-drop, jadi pengguna bisa copy-paste teks hingga foto dengan lebih cepat dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Lewat Google Meet, kini pengguna bisa terhubung dengan lebih banyak orang sembari melakukan aktivitas virtual lainnya secara bersama-sama, seperti menonton video di YouTube ataupun main game bareng saat video call. Pengguna pun bisa menggunakan Microsoft Office dan Outlook dengan lebih maksimal berkat lebih banyak informasi pada layar dan interaksi yang cepat dengan konten yang ditampilkan.

Samsung Galaxy Z Fold4 5G 8

Pengalaman multitasking pun menjadi lengkap dengan dukungan S Pen yang memungkinkan pengguna menggambar hingga mencatat dengan nyaman bahkan saat dalam perjalanan. Ditambah dengan penyimpanan yang efisien menggunakan Standing Cover with Pen case.

Kamera Ditingkatkan

Samsung Galaxy Z Fold4 5G 4

Tiga kamera belakang Galaxy Z Fold4 5G diambil dari Galaxy S22 dan S22+. Kamera utamanya beresolusi 50 MP f1.8 dengan sensor lebih besar yang mampu menangkap 23% lebih banyak cahaya, lengkap dengan Dual Pixel AF dan OIS.

Yang juga baru ialah kamera telephoto 10 MP f2.4 dengan OIS dan kemampuan optical zoom 3x, serta fitur Space Zoom digital hingga 30x. Ditemani kamera 12 MP f2.2 dengan lensa ultrawide 123 derajat. Kamera cover -nya 10 MP dan under display camera 4 MP tersembunyi di layar utama.

Berbagai mode kamera di perangkat ini, termasuk peta Zoom yang lebih besar pada Capture View Mode, Dual Preview , dan Rear Cam Selfie , dibuat khusus untuk memaksimalkan form factor unik pada perangkat sehingga pengguna bisa lebih fleksibel mengambil gambar.

Harga Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Infografis Samsung Galaxy Z Fold4 5G 1
Infografis Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Seperti smartphone flagship 2022, di bawah tenda Galaxy Z Fold4 5G diperkuat dengan chipset paling mutakhir dari Qualcomm yakni Snapdragon 8+ Gen 1. Disokong RAM 12 GB dan opsi penyimpanan internal mulai 256 GB, 512 GB, dan hingga 1 TB.

Harga Samsung Galaxy Z Fold4 5G di Indonesia dijual dengan harga mulai Rp24.999.000, tersedia melalui pre-order mulai 10 Agustus dan akan tersedia secara langsung mulai 26 Agustus di sejumlah negara. Pelanggan yang melakukan pre-order Galaxy Z Fold4 5G akan menerima paket Samsung Care+ selama setahun yang memberikan perlindungan terhadap perangkat yang jatuh dan layar retak.

Sumber: Samsung

Original Source

Topik Menarik