Pengertian Kode-kode yang Digunakan di RS, Apa Artinya?

Pengertian Kode-kode yang Digunakan di RS, Apa Artinya?

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 4 Agustus 2022 - 16:04
share

BEBERAPA pengertian kode-kode yang digunakan di RS ( Rumah Sakit ) bakal diulas dalam artikel ini.Saat ini dalam memudahkan untuk berkomunikasi atau mempersingkat pembicaraan, beberapa ada yang menggunakan kode.

Salah satunya pernah dipakai di rumah sakit. Hal ini dilakukan agar beberapa kode ntuk memudahkan dalam pekerjaan di rumah sakit. Adapun, kode adalah tanda (kata-kata, tulisan) yang disepakati untuk maksud tertentu (untuk menjamin kerahasiaan berita, pemerintah, dan sebagainya). Arti lainnya dari kode adalah kumpulan peraturan yang bersistem.

Berikut pengertian kode-kode yang digunakan di RS (Rumah Sakit) yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1.Kode Pink

Kode ini biasanya sangat berguna di Rumah Sakit, atau ruang penitipan Bayi, Salah satunya jika ada kehilangan bayi, maka kode pink ini langsung ditekan atau disebutkan , bertujuan untuk ada nya tim untuk mencari bayi yang hilang tersebut.

Penanganan kode pink dilakukan oleh semua pihak rumah sakit dan berkoordinasi dengan Security untuk mengamankan area sekitar rumah sakit agar bayi dapat ditemukan.

2. Kode Blue

Beberapa kode yang digunakan adalah kode blue. Artinya, menandakan adanya kondisi seseorang yang parah. Salah satunya, pasien sedang mengalami serangan jantung (Cardiac Arrest) atau mengalami gagal nafas akut (Respiratory Arrest) dan situasi lainnya yang menyangkut nyawa seseorang di lingkungan rumah sakit. Penanganan code blue memerlukan rangkaian prosedur dari tim yang sudah dilatih dengan pelatihan khusus dan juga memiliki respon cepat pada tanggap darurat untuk menyelamatkan nyawa pasien tersebut.

3. Kode Red

Kode merah merupakan kode yang dimana menunjukkan adanya kebakaran. Jika ada yang menekan kode merah segera mungkin melakukan evakuasi dan pemadaman api, sehingga tidak melebar luas kobaran api tersebut.

Penanganan kode merah atau red yang dilakukan oleh tim cepat tanggap untuk memadamkan api, menyelamatkan pasien dan menyelamatkan berkas. dan pasien dibawa ke titik kumpul daerah aman kebakaran.

Demikian informasi mengenai pengertian kode-kode yang digunakan di RS (Rumah Sakit).

(RIN)

Topik Menarik