Taiwan Usir Pesawat Diduga Drone Mata-Mata China di Kepulauan Kinmen

Taiwan Usir Pesawat Diduga Drone Mata-Mata China di Kepulauan Kinmen

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 4 Agustus 2022 - 09:17
share

TAIPEI, iNews.id Kementerian Pertahanan Taiwan menyebut pesawat tak dikenal, yang diduga drone, terbang di atas wilayah Kepulauan Kinmen milik Taipei, Rabu (3/8/2022) malam. Militer Taiwan pun menembakkan suar untuk mengusir mereka.

Angkatan Bersenjata Taiwan berada dalam posisi siaga saat China menggelar serangkaian latihan militer di Selat Taiwan yang memisahkan kedua negara. Latihan militer itu diadakan Beijing sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau itu, kemarin.

Mayor Jenderal Chang Zone Sung dari Komando Pertahanan Kinmen Angkatan Darat Taiwan, mengatakan bahwa drone-drone China datang berpasangan dan terbang ke daerah Kinmen dua kali tadi malam. Mereka melintas di wilayah itu sekitar pukul 21.00 waktu setempat (20.00 WIB) dan pukul 22.00 (21.00 WIB).

Kami langsung menembakkan suar untuk memberi peringatan dan mengusir mereka. Setelah itu, mereka berbalik. Mereka masuk ke area terlarang kami dan itu sebabnya kami membubarkan mereka, katanya kepada Reuters , Kamis (4/8/2022).

Kepulauan Kinmen berada di lepas pantai tenggara China, dekat Kota Xiamen. Kota dijaga ketat oleh pasukan Taiwan. Kami memiliki prosedur operasi standar. Kami akan bereaksi jika mereka masuk, ujar Chang.

Menurut dia, tingkat kesiagaan militer di Kinmen masih terbilang normal.

Chang mengatakan, dia yakin pesawat tak berawak itu dimaksudkan untuk mengumpulkan data intelijen tentang penyebaran sumber daya keamanan Taiwan di pulau-pulau terpencilnya.

Pekan lalu, militer Taiwan menembakkan suar untuk memperingatkan sebuah pesawat tak berawak yang mengintai Kepulauan Matsu di lepas pantai Provinsi Fujian, China. Drone itu diduga sedang menyelidiki pertahanan Taiwan di kawasan tersebut.

Topik Menarik