Status Blokir Steam, CS:GO, DOTA 2 Dicabut Kominfo, PayPal Kapan?

Status Blokir Steam, CS:GO, DOTA 2 Dicabut Kominfo, PayPal Kapan?

Teknologi | BuddyKu | Selasa, 2 Agustus 2022 - 17:25
share

Berbahagialah para gamer yang sempat dibuat ketar-ketir beberapa waktu lalu. Pasalnya, kini Kominfo telah resmi membuka blokir dari beberapa game dan platformnya, yaitu Steam, DOTA 2 , dan CS:GO . Tidak hanya itu, Yahoo! juga telah dicabut status blokirnya.

Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan. Melansir dari Kontan , ia mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil menjalin komunikasi dengan pihak Yahoo!, Valve (perusahaan game raksasa yang menaungi platform Steam), serta game DOTA 2 dan CS:GO .

Menurutnya, keempat sistem elektronik tersebut sudah bisa diakses per hari ini (2/8/22) dan tengah dalam tahap normalisasi yang dimulai sejak pagi hari tadi.

Akses terhadap keempat sistem elektronik tersebut telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini. Pengguna secara bertahap mulai dapat mengakses layanan keempat PSE tersebut, ucap Semuel yang dilansir dari Kontan .

Steam kominfo

Selain itu, pemblokiran dari platform game keluaran Blizzard yaitu Battlenet juga telah diangkat. Menurut pantauan UP Station, baik Steam dan Battlenet sudah bisa diakses menggunakan jaringan Telkomsel per hari ini.

Selain empat sistem elektronik di atas, PayPal yang juga mendapatkan blokir sedang dibuka aksesnya untuk beberapa hari. Alasannya, agar masyarakat bisa menarik dana secepatnya dan memindahkannya ke tempat lain.

Keputusan ini diperdebatkan oleh publik, lantaran PayPal menjadi sistem pembayaran yang kerap digunakan oleh berbagai pihak, termasuk pekerja freelancer di Indonesia.

Untungnya, Semuel memastikan bahwa pihak PayPal berkomitmen untuk melakukan pendaftaran dalam waktu dekat setelah melakukan komunikasi dengan Kominfo.

Kami optimis Paypal akan segera melakukan pendaftaran dalam waktu dekat, ucapnya.

Meski begitu, terdapat beberapa sistem elektronik lain yang belum dapat diakses saat berita ini ditulis. Beberapa contohnya adalah Epic Games Store, Adobe, dan Origin.

Semoga saja Kominfo bisa berkomunikasi dengan ketiganya agar dapat mendaftarkan diri ke PSE dalam waktu dekat, agar bisa diakses dengan bebas oleh pengguna di Indonesia.

Sebelumya, keputusan Kominfo untuk memblokir beberapa sistem elektronik termasuk layanan pembayaran, game esports , dan platform game , ditanggapi dengan keras oleh masyarakat, termasuk oleh pekerja freelance , gamer, hingga tim esports .

Bahkan, beberapa tim esports besar seperti Team Secret, Boom Esports, hingga Entity, sempat memberikan protes dalam bentuk sindiran di media sosialnya masing-masing.


Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station.

Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungiUniPin! Proses cepat dan harga murah!

Pastikan untuk mengikuti perkembangan terbaru dan berita gaming lainnya di akun sosial media kami:
Facebook :UP Station Indonesia
YouTube :Upstation Media
Twitter :@Upstationmedia
Instagram :@upstation.media

YukgabungdigrupDiscord kami!
Discord :UniPin Official Community

Topik Menarik