Loading...
Loading…
Fakta Mengerikan dari Kasta Dalit di India, Kaum Terpinggirkan yang Hidup Menderita

Fakta Mengerikan dari Kasta Dalit di India, Kaum Terpinggirkan yang Hidup Menderita

Powered by BuddyKu
Teknologi | Inews | Rabu, 20 Juli 2022 - 06:42

JAKARTA, iNews.id - Inilah fakta mengerikan dari Kasta Dalit di India yang menarik untuk dibahas. Dalit merupakan kasta terendah di India dan sering disebut sebagai kasta tidak tersentuh.

Dalit ini bahkan tidak dimasukkan dalam empat tingkatan sistem varna (Brahmana, Ksatria, Waisya, Sudra) sehingga digolongkan sebagai varna kelima (pancama).

Dikutip dari Minority Rights, saat ini ada sekitar 166,6 juta orang Dalit di India. Orang-orang Dalit ini sering menghadapi diskriminasi dan bahkan kerap mengalami kekerasan dari anggota kasta yang lebih tinggi.

Kata Dalit berarti tertindas atau rusak dan merupakan nama yang diberikan oleh anggota kelompok ini pada tahun 1930-an. Berikut ini fakta mengerikan dari Kasta Dalit di India, sebagaimana telah dirangkum iNews.id dari berbagai sumber.

Fakta Mengerikan dari Kasta Dalit di India

Mengalami Diskriminasi yang Parah

Dianggap sebagai orang buangan, orang-orang dari Kasta Dalit dilarang bergabung dalam kehidupan keagamaan dan sosial masyarakat.

Komunitas ini juga dibatasi pada pekerjaan-pekerjaan kasar yang tidak dilakukan oleh orang dari kasta yang lebih tinggi. Seperti mengurus mayat, penyamakan kulit hewan, dan membunuh tikus atau hama lainnya.

Melakukan sesuatu dengan ternak mati atau kulit sapi dianggap sangat najis dalam agama Hindu. Di bawah kepercayaan Hindu dan Buddha, pekerjaan yang melibatkan kematian dipercaya akan merusak jiwa para pekerja, sehingga membuat mereka tidak layak untuk berbaur dengan orang lain.

Orang-orang Kasta Dalit bahkan tidak diizinkan untuk disentuh oleh orang-orang dari kelas yang lebih tinggi. Mengutip ThoughtCo. Kasta Dalit bahkan tidak diizinkan memasuki kuil Hindu, belajar membaca, hingga mengambil air dari sumur desa karena dianggap mencemari air untuk orang lain.

Selain itu, sebagian besar dari mereka juga tidak memiliki tempat tinggal yang layak dan hidup di trotoar jalan dengan mendirikan tenda. Mereka harus tinggal di luar batas desa dan tidak bisa berjalan di lingkungan yang dilalui kasta yang lebih tinggi.

Menjadi Korban Kekerasan

Selain diskriminasi, Kasta Dalit juga sering menjadi korban kekerasan, seperti dipukul hingga dibunuh tanpa alasan yang jelas.
Salah satu contoh kasusnya adalah yang dialami seorang pria dari Kasta Dalit dibunuh pada tahun 2019.

BBC melaporkan bahwa, pembunuhan tersebut terjadi dengan alasan korban makan di depan sekelompok orang dari kasta atas.
Meski begitu, banyak yang menutupi kasus ini dengan menyebut korban meninggal karena overdosis obat-obatan dan warga sekitar memilih untuk diam.

Pemerkosaan

Fakta mengerikan dari Kasta Dalit di India berikutnya sering dialami oleh para kaum wanita. Menurut Biro Catatan Kejahatan Nasional (NCRB) di India, kasus serangan fisik terhadap perempuan telah meningkat.

Pada tahun 2019 saja, ada lebih dari 405.861 kasus penyerangan terhadap perempuan. Kejahatan tersebut termasuk pemukulan, pengupasan, penculikan dan pemerkosaan.

Dari jumlah tersebut, 13.273 kasus serangan termasuk 3.486 kasus pemerkosaan, dilakukan terhadap perempuan dari komunitas Dalit.

Salah satu kasus kekerasan terhadap perempuan Dalit yang menyita perhatian publik adalah kasus yang dialami oleh seorang perempuan berusia 19 tahun yang meninggal setelah diperkosa dan disiksa secara massal oleh sekelompok pria di distrik Hathras negara bagian Uttar Pradesh, India utara.

Kasus yang dialami oleh perempuan Dalit ini kemudian memicu protes nasional.

Original Source

Topik Menarik