Stumble Guys Tawarkan Gameplay Serupa Fall Guys di Mobile

Stumble Guys Tawarkan Gameplay Serupa Fall Guys di Mobile

Teknologi | BuddyKu | Sabtu, 16 Juli 2022 - 00:06
share

Imitation is the sincerest form of flattery. Ketika sebuah game menjadi populer, biasanya, akan muncul game-game yang menyerupai game populer tersebut. Hal ini juga terjadi pada Fall Guys. Setelah popularitas Fall Guys meroket pada 2020, muncul berbagai game lain yang memiliki gameplay yang serupa. Salah satunya, Stumble Guys.

Dirilis pada Agustus 2020, Fall Guys langsung menarik perhatian banyak orang. Buktinya, di bulan peluncurannya, jumlah concurrent players dari game multiplayer tersebut mencapai 172 ribu orang. Pada awalnya, untuk bisa memainkan Fall Guys, Anda harus membelinya seharga Rp109 ribu di PC dan Rp279 ribu di PlayStation. Tapi, game tersebut bisa dimainkan dengan gratis sejak akhir Juni 2022. Hanya saja, Fall Guys tetap tidak bisa dimainkan di mobile .

Kehadiran Stumble Guys

Dirilis pada Februari 2021, Stumble Guys bisa dimainkan secara gratis di PC dan mobile . Tapi, game tersebut menyediakan in-app purchase . Kabar baiknya, item yang bisa Anda beli di game hanyalah item kosmetik, seperti skins dan emotes . Hal itu berarti, apapun skins yang Anda gunakan tidak akan mempengaruhi performa Anda.

Gameplay dari Stumble Guys sederhana, tidak jauh berbeda dari Fall Guys. Di game ini, tujuan Anda hanya satu, yaitu untuk bertahan hingga akhir pertandingan. Satu pertandingan terdiri dari tiga ronde. Masing-masing ronde akan menggunakan peta dan permainan yang berbeda. Peta yang digunakan di setiap ronde akan ditentukan secara acak. Di setiap ronde, akan ada pemain yang dieliminasi. Pemain yang bisa bertahan hingga akhir akan keluar sebagai juara.

Tampilan Stumble Guys di PC. | Sumber: Steam

Stumble Guys memang menyerupai Fall Guys. Tapi, kedua game itu tetap memiliki perbedaan dengan satu sama lain. Dua hal yang membedakan dua game itu adalah jumlah pemain dan jumlah peta. Fall Guys memiliki 50 peta dan bisa dimainkan oleh hingga 60 orang. Sementara Stumble Guys hanya memiliki 20 peta dan 1 peta baru dan hanya bisa dimainkan oleh 30 orang.

Walau Stumble Guys memiliki jumlah peta dan jumlah pemain maksimal yang lebih sedikit, game tersebut tetap populer. Menurut data dari Appmagic, sejak dirilis pada awal tahun lalu, game multiplayer itu telah diunduh sebanyak 163 juta kali. Sementara dari segi pemasukan, developer Kitka Games telah mendapatkan US$21,5 juta dari game tersebut.

Pemasukan dari Kitka Games

Kitka Games melakukan soft launching dari Stumble Guys pada Oktober 2020. Ketika itu, setiap harinya, game tersebut diunduh sebanyak 60-90 ribu kali. Pada Januari-Maret 2022, jumlah downloads harian rata-rata dari game buatan Kitka naik pesat, menjadi sekitar 300 ribu sampai 500 ribu downloads per hari. Dan sejak April 2022, jumlah downloads dari game tersebut masih menunjukkan tren naik. Pada 25 Juni 2022, hanya dalam satu hari, game multiplayer itu diunduh oleh 1,5 juta orang.

Jumlah downloads rata-rata dari Stumble Guys. | Sumber: Appmagic via Mobile Gamer

Di situs resminya, Kitka Games mengklaim, Stumble Guys punya lebih dari 18 juta pemain harian. Seiring dengan meningkatnya jumlah downloads , angka pemasukan game multiplayer ini pun terus naik. Pada 1 April 2022, pemasukan harian dari game tersebut menembus angka US$100 ribu. Angka itu naik menjadi US$365 ribu pada 3 Juli 2022, lapor Mobile Gamer .

Pendapatan bulanan Stumble Guys tidak kalah fantastis. Hanya pada Januari 2022, game itu meraup US$861 ribu. Tak berhenti sampai di situ, angka ini bahkan naik menjadi US$6,6 juta pada Juni 2022. Sementara itu, menurut Sensor Tower, total downloads dari game buatan Kitka pada Juni 2022 mencapai 22,5 juta, dengan total pemasukan sebesar US$9 juta.

Sumber header: Steam

Topik Menarik