Penelitian AI Baru Meta Bisa Meningkatkan Terjemahan di Facebook dan Instagram

Penelitian AI Baru Meta Bisa Meningkatkan Terjemahan di Facebook dan Instagram

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 7 Juli 2022 - 10:15
share

JAKARTA, iNews.id - Perusahaan induk Facebook, Meta mengumumkan model AI baru yang dapat menerjemahkan ratusan bahasa. Penelitiannya diharapkan dapat membantu meningkatkan terjemahan bahasa di aplikasi media sosialnya, khususnya Facebook dan Instagram.

Pada Rabu, Meta meluncurkan model AI barunya, NLLB-200. NLLB adalah singkatan dari No Language Left Behind, proyek Meta yang berusaha untuk mengembangkan kemampuan terjemahan mesin berkualitas tinggi untuk sebagian besar bahasa di dunia.

Model AI yang berasal dari proyek itu, NLLB-200 dapat menerjemahkan 200 bahasa. Dalam postingan blog terpisah yang merinci lebih lanjut kemampuan NLLB-200, Meta menyebutkan penelitian AI terbaru ini sudah digunakan untuk meningkatkan dan memperluas terjemahan di Facebook, Instagram, dan Wikipedia.

Postingan blog juga mencatat kemajuan penelitian dari proyek NLLB diharapkan mendukung lebih dari 25 miliar terjemahan yang disajikan setiap hari di News Feed Facebook, Instagram, dan platform Meta lainnya, sebagaimana dikutip dari Digital Trends.

Tapi, bagaimana semua ini akan berjalan dalam hal bagaimana pengguna mengalami beberapa platform media sosial favorit mereka? Meta memang menawarkan beberapa kemungkinan.

Bayangkan mengunjungi grup Facebook favorit, menemukan postingan di Igbo atau Luganda, dan dapat memahaminya dalam bahasa Anda sendiri hanya dengan mengklik tombol. Terjemahan yang sangat akurat dalam lebih banyak bahasa juga dapat membantu menemukan konten berbahaya dan informasi yang salah, melindungi integritas pemilu, dan mengekang contoh eksploitasi seksual online dan perdagangan manusia, ujarnya.

Untuk memahami beberapa bahasa yang didukung oleh NLLB-200, Anda dapat melihat demo online yang menampilkan buku anak-anak yang ditulis dalam bahasa seperti Indonesia dan Burma, lalu pilih opsi terjemahan bahasa untuk menerjemahkan cerita ke bahasa ibu Anda.