Terekam Kamera Pertama Kali Ukraina Gunakan Rudal Bantuan AS, Jangkau HIMARS Mencapai 500 Km

Terekam Kamera Pertama Kali Ukraina Gunakan Rudal Bantuan AS, Jangkau HIMARS Mencapai 500 Km

Teknologi | BuddyKu | Selasa, 5 Juli 2022 - 19:49
share

KIEV Pada tanggal 4 Juli 2022, sebuah video yang dibagikan di media sosial secara resmi membuktikan penggunaan setidaknya satu Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi M142 [HIMARS] oleh angkatan bersenjata Ukraina . Dalam video yang disutradarai oleh militer Ukraina, sebuah kendaraan peluncur M142 berhenti di jalan dan mulai menembak rudal HIMARS .

Tidak ada informasi resmi kapan video itu diambil, tetapi sumbernya mengklaim bahwa rekaman itu terjadi di poros Zaporizhzhia. Dikutip SINDOnews dari laman BulgarianMilitary.com, Selasa (4/7/2022), Ukraina seharusnya menerima empat sistem roket artileri mobilitas tinggi M142 sebagai bagian dari bantuan militer dari AS, yang akan terus ditambah setiap bulan.

Ukraina mengharapkan menerima sistem rudal jarak jauh lainnya M270 segera. Inggris dan Jerman akan memberikan M270 ke Ukraina. Jerman telah mengumumkan bahwa penembak Ukraina saat ini sedang dilatih untuk mengoperasikan sistem tersebut.

Sedangkan Inggris akan menyumbangkan M270-nya [yang telah ditingkatkan] dan menggantikannya dengan Norwegia dalam perjanjian bilateral antara London dan Oslo.

Apa Itu Rudal M142 HIMARS Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi M142 [HIMARS] adalah peluncur roket ringan multipel yang dirancang pada akhir 1990-an. Sistem ini juga masuk dalam kategori sistem balistik taktis, karena menembakkan rudal jenis MGM-140 Army Tactical Missile System [ATACMS].

Pabrikan M142 HIMARS adalah Lockheed Martin. Rudal HIMARS punya reputasi dalam tiga perang, yaitu perang Irak, Afghanistan, dan Perang Saudara Suriah. Menurut informasi yang belum dikonfirmasi dan menurut klaim intelijen militer Ukraina, M142 HIMARS dikirim oleh Amerika Serikat ke angkatan bersenjata Ukraina, dan sistem tersebut secara aktif terlibat dalam perang melawan Rusia.

Amerika Serikat, Singapura, UEA, Yordania, dan Rumania adalah operator M142 HIMARS saat ini. Polandia adalah negara berikutnya yang memperoleh [atau telah memperoleh] sistem rudal ini, dan pelanggan potensial M142 HIMARS setidaknya sepuluh negara lain dari Eropa, Asia, dan Timur Tengah.

M142 HIMARS dipasang pada rangka truk M1140 Angkatan Darat standar. Mobil ini didukung oleh mesin diesel yang menjamin kecepatan tertinggi 85 km / jam [52,8 mph]. Dengan satu pengisian bahan bakar pada tangki bahan bakar, sistem ini dapat menempuh jarak kurang dari 500 km.

(wib)

Topik Menarik