Misi HAM PBB Selidiki Dugaan Temuan Kuburan Massal di Libya

Misi HAM PBB Selidiki Dugaan Temuan Kuburan Massal di Libya

Teknologi | BuddyKu | Selasa, 5 Juli 2022 - 00:46
share

JENEWA Sebuah misi yang ditunjuk PBB ke Libya menyatakan pada Senin (4/7/2022), bahwa ada "kemungkinan kuburan massal" yang belum diselidiki. Diperkirakan ada sebanyak 100 lokasi, di sebuah kota di mana ratusan mayat telah ditemukan.

Laporan yang akan diserahkan ke Dewan Hak Asasi Manusia PBB minggu ini tersebut merinci bagaimana sebuah milisi yang dijalankan oleh tujuh bersaudara diduga mengeksekusi dan memenjarakan ratusan orang antara 2016-2020.

Baca: Pakar PBB: Keamanan Libya Terancam oleh Tentara Asing

Bukti penculikan, pembunuhan, dan penyiksaan di Tarhouna oleh Misi Pencari Fakta independen merupakan salah satu contoh pelanggaran hak asasi manusia yang paling mengerikan dalam periode pergolakan sejak penggulingan Muammar Qaddafi yang berkuasa lama pada tahun 2011.

Di antara para korban adalah orang cacat serta perempuan dan anak-anak, kata laporan setebal 51 halaman itu, seperti dikutip dari Reuters.

Berdasarkan kesaksian warga dan dua kunjungan lapangan, misi tersebut menemukan alasan yang masuk akal bahwa milisi Kaniyat melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan. Ini mengidentifikasi empat komandan yang berpartisipasi langsung di dalamnya.

Baca: Tragis! Mobil Mogok, 20 Orang Tewas Kehausan di Gurun Libya

Pihak berwenang Libya telah menemukan 247 mayat di situs kuburan massal dan individu di daerah Tarhouna di Libya Barat. Banyak yang masih diborgol dan ditutup matanya.

Misi tersebut menggunakan citra satelit yang menunjukkan tanda-tanda gangguan tanah di antara bukti lain untuk mengidentifikasi tiga kemungkinan lokasi baru. Tapi, mungkin ada lebih banyak lagi, katanya, mengutip kuburan yang ada yang dikenal sebagai \'The Landfill\' di mana hanya sebagian kecil dari situs yang telah diselidiki.

Menurut pengetahuan orang dalam, mungkin masih ada hingga 100 kuburan massal yang belum ditemukan, lanjut laporan itu.

Baca: Horor! Mobil PM Libya Ditembaki saat Pulang, tapi Lolos dari Maut

Pada satu tahap, Kaniyat bersekutu dengan Pemerintah Kesepakatan Nasional yang berbasis di Tripoli tetapi kemudian dengan Tentara Nasional Libya timur yang dipimpin oleh komandan Khalifa Haftar yang mencoba, tetapi tidak berhasil, untuk menggulingkan administrasi Kesepakatan Nasional.

Milisi tidak lagi memegang otoritas di Tarhouna. Para pemimpin Kaniyat yang masih hidup sebagian besar diyakini telah melarikan diri ke daerah-daerah Libya timur di bawah kendali Haftar.

(esn)

Topik Menarik