Digunakan Hari Ini, Berikut Cara Aman Pakai Aplikasi MyPertamina

Digunakan Hari Ini, Berikut Cara Aman Pakai Aplikasi MyPertamina

Teknologi | katadata.co.id | Jum'at, 1 Juli 2022 - 11:02
share

Pertamina mulai menerapkan penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina hari ini (1/7). Bagaimana cara menggunakan platform ini secara aman?

Pengumuman! Khusus roda empat pengguna Pertalite dan Solar, kata Pertamina melalui akun Instagram, Minggu malam (30/6). Pemilik kendaraan wajib mendaftar terlebih dulu.

Cara mendaftar bagi pemilik kendaraan roda empat sebagai berikut:

Pakai HP di SPBU Aman?

SPBU rata-rata melarang setiap orang di lokasi menggunakan gawai, khususnya saat mengisi BBM. Sebab, penggunaan ponsel pintar ( smartphone ) bisa menyebabkan kebakaran.

Pertamina mengatakan, penggunaan ponsel di SPBU sebenarnya boleh dilakukan. "Asal sesuai ketentuan keamanan lokasi penggunaan dan peruntukannya," kata perusahaan.

Ponsel bisa digunakan dengan ketentuan:

Yang tidak boleh dilakukan saat memakai gawai di SPBU berdasarkan unggahan Pertamina dan laporan sejumlah media, di antaranya:

Dikutip dari situs resmi Verizon, komisi komunikasi federal atau Federal Communications Commission (FCC) Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa tidak ada bukti laporan, ponsel merupakan penyebab kebakaran. Meskipun, secara teoritis mungkin terjadi percikan dari baterai ponsel.

Akan tetapi, FCC menyimpulkan potensi ancaman seperti itu sulit terjadi. Asosiasi perdagangan bahan bakar atau Petroleum Equipment Institute (PEI) juga mengatakan bahwa penyebab kebakaran di SPBU berasal dari pelepasan listrik statis, bukan dari ponsel.

Meski begitu, para ahli sepakat bahwa konsumen harus mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Oleh karena itu, SPBU biasanya melarang konsumen:

Topik Menarik