Salip TSMC, Samsung Produksi Chip 3nm

Salip TSMC, Samsung Produksi Chip 3nm

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 18:06
share

JAKARTA, iNews.id - Samsung mulai memproduksi chip 3nm, mengalahkan produsen chip saingannya, TSMC dalam proses fabrikasi yang lebih hemat daya. Proses 3nm TSMC diperkirakan tidak akan masuk ke produksi massal hingga paruh kedua 2022.

Samsung mengatakan proses fabrikasi baru 45 persen lebih hemat dibanding 5nm. Dia memiliki kinerja 23 persen lebih tinggi dan luas permukaan 16 persen lebih kecil. Di masa depan, diharapkan proses 3nm generasi kedua dapat mengurangi konsumsi daya dan ukuran masing-masing sebesar 50 persen dan 35 persen serta meningkatkan kinerja hingga 30 persen.

Pengumuman ini merupakan tonggak penting dalam upaya Samsung untuk bersaing dengan TSMC, yang mendominasi pasar untuk produksi chip kontrak dan merupakan produsen chip Apple untuk iPhone, iPad, MacBook, dan Mac.

Tapi, Bloomberg melaporkan Samsung tidak mungkin dapat membuat terobosan terhadap pangsa pasar TSMC sampai dapat membuktikan efisiensi biaya dari proses 3nm barunya yang kompetitif dengan pemimpin pasar, sebagaimana dikutip dari The Verge.

Samsung mengatakan chip pada awalnya akan diproduksi untuk aplikasi performa tinggi, komputasi daya rendah, tapi mereka berencana untuk akhirnya membuat jalan mereka ke seluler. Chip tersebut akan diproduksi di Korea Selatan untuk saat ini, awalnya di fasilitas Hwaseong sebelum diperluas ke Pyeongtaek.

Pabrik chip perusahaan yang akan datang di Texas, yang menurut laporan awal pada akhirnya dapat memiliki kemampuan untuk memproduksi chip 3nm, tidak dijadwalkan untuk memulai produksi massal hingga 2024.

Topik Menarik