Steam Deck Dapatkan Sedikit Downgrade, Masih Minat?

Steam Deck Dapatkan Sedikit Downgrade, Masih Minat?

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 16:02
share

Para pengguna dan peminat Steam Deck telah kedatangan kabar mengejutkan yang mengecewakan (?), di mana PC handheld ini mendapat downgrade tak terduga. Adapun downgrade yang dimaksud menyangkut SSD yang digunakan pada perangkat tersebut. Apakah ini adalah alasan mengapa Valve bisa menggandakan pengirimannya?

Steam Deck downgrade

Kita semua tahu bahwa konsol Next-Gen seringkali membanggakan performanya yang didukung dengan SSD yang baik, seperti PS5 dan Xbox Series X dengan SSD custom -nya masing-masing. Melihat fakta bahwa game terbaru menggunakan teknologi yang semakin canggih, SSD menjadi sesuatu yang penting dalam industri gaming zaman ini.

Nah, Steam Deck juga memiliki SSD yang tak kalah kuat yang bahkan bisa bersaing dengan kemampuan para konsol Next-Gen di atas, apalagi bila kamu memiliki model premiumnya. Sayangnya, itu semua menjadi dipertanyakan, berhubung kabar terbaru mengatakan bahwa perangkat ini malah mendapat downgrade .

Steam Deck model pertama (orisinal) memiliki 2 varian, yaitu 256GB dan 512 GB. Keduanya dilengkapi dengan PCI express 3.0 x4 SSD. Sementara model terbarunya rilis menggunakan PCI express 3.0 x2 SSD. Valve sendiri tidak mengatakan sepatah katapun mengenai downgrade ini. Namun, tampaknya mereka telah mengubah informasi di website mereka secara diam-diam.

Steam Deck downgrade 2
Sumber: Wayback Machine

Menurut archive di situs Wayback Machine , halamannya telah diubah per 31 Mei 2022 lalu. Padahal pada 21 Mei 2022 itu masih sama seperti orisinalnya. Itu berarti bahwa sejak akhir Mei kemarin Valve tidak lagi memproduksi Steam Deck model lama yang menggunakan 3.0 x4 SSD.

Melalui Screenshot di atas, kamu bisa melihat penjelasan dari halaman website -nya, bahwa perubahan SSD ini tidak mempengaruhi performa perangkatnya. Sayangnya, Valve tidak menyertakan testing mereka sebagai bukti, sehingga masih dipertanyakan apabila keterangan ini bisa mendukung pernyataan mereka sepenuhnya.

Saat ini ada begitu banyak informasi yang belum jelas, seperti mengenai dampak pergantian SSD ini kepada model terbaru ataupun apabila ini akan menjadi keputusan tetap dari Valve. Mungkin ini ada hubungannya dengan biaya produksi perangkatnya.

Pertanyaannya sekarang adalah apabila ke depannya akan ada perubahan harga akibat downgrade ini. Anyway , jumlah permintaan Steam Deck masih sangat tinggi hingga hari ini. Itu tidak begitu mengherankan bila mengingat apa yang ditawarkannya.

Kalau nanti Steam Deck tiba di Indonesia secara resmi, apakah kamu berminat untuk mendapatkannya, walaupun sudah di- downgrade ? Membicarakan Steam, Summer Sale 2022 sedang berjalan, lho! Apakah kamu sudah mendapatkan game yang kamu inginkan?


Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station.

Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungi UniPin! Proses cepat dan harga murah!

Pastikan untuk mengikuti perkembangan terbaru dan berita gaming lainnya di akun sosial media kami:
Facebook: UP Station Indonesia
YouTube: Upstation Media
Twitter: @upstationmedia
Instagram: @upstation.media

Yuk gabung di grup Discord kami!
Discord: UniPin Official Community

Topik Menarik