Jelang Ulang Tahun ke-11, UniPin Gelar Webinar Bertajuk Masa Depan Industri Esports

Jelang Ulang Tahun ke-11, UniPin Gelar Webinar Bertajuk Masa Depan Industri Esports

Teknologi | upstation.asia | Kamis, 30 Juni 2022 - 02:30
share

UniPin Community (UniTy) pada hari Rabu (29/6/2022) baru saja menggelar webinar dengan tajuk Masa Depan Industri Esports . Webinar ini diadakan dalam rangka menyambut perayaan ulang tahun UniPin ke-11 yang akan tiba sebentar lagi, yakni pada 19 Juli, 2022.

Dalam webinar ini, UniPin Community menggandeng beberapa nama besar di industri esports sebagai pembicara, seperti Chief Growth Officer (CGO) RevivalTV Irlie Wijanarko dan juga mantan pro player serta caster esports ternama yang tercatat pernah menggarap YouTube Rewind 2018, Ericko Lim .

SVP UniPin Indonesia Debora Immanuela pun turut serta hadir sebagai moderator dalam webinar tersebut.

Webinar UniTy jelang Ulang Tahun UniPin

Dalam webinar yang berlangsung selama 2 jam lamanya ini, Irlie dan Erick membagikan banyak sekali insight menarik berdasarkan sudut pandang mereka masing-masing selama berkutat di industri esports .

Irlie adalah orang yang terlibat dalam business side dari esports , sementara Ericko Lim membawa sudut pandang sebagai pelaku yang terlibat langsung di dalam skena pro player esports .

Topik pembahasan yang diulas dalam webinar ini sangatlah beragam. Hampir seluruh aspek dunia esports tak terlewatkan untuk dibahas dalam webinar ini.

Mulai dari kehidupan para pro player secara lebih in-depth , brand yang mencoba masuk ke pasar esports , live streaming , lifestyle gamers , dan lain-lain, tak ada yang luput untuk masuk ke dalam bahasan webinar ini.

Salah satu pembahasan menarik dalam webinar ini adalah dalam pembahasan lifestyle gamers di ekosistem esports dewasa kini.

Irlie

Dulu, gamers itu kalau ke turnamen kayak pakai celana training dan sendal. Sekarang? Pas ke pelatnas, gue lihat setelannya dari atas ke bawah, sudah keren banget. Barang branded semua, kata Irlie dalam menanggapi pembahasan tersebut.

Ericko Lim menambahkan bahwa lifestyle gamers dapat dimanfaatkan oleh brand untuk menanamkan awareness pada pasar mereka.

Screenshot_2022-06-29-20-47-17-32_copy_800x450_1

Ini adalah waktu yang tepat bagi para brand untuk masuk ke pasar gamers . Brand dapat memanfaatkan (pembangunan awareness ) ini buat jadi investment jangka panjang. Mungkin belum bakal ada impact secara conversion rate dalam waktu jangka pendek, tapi lihat beberapa tahun ke depannya, ujar Irlie mengiyakan pernyataan Ericko Lim.

Irlie mengambil contoh kasus BMW yang mencoba mulai penetrasinya di pasar esports dengan mencoba mensponsori waralaba esports ternama.

Misalnya BMW, deh. BMW kan sponsorin tim esports. Bakal ada langsung ada conversion engga? Belum tentu. Namun, anak-anak (pegiat esports ) kalau keseringan ngeliat BMW, gimana? Awareness mereka terbangun. Dalam beberapa tahun ke depan, kalau mau beli mobil, ya anak itu kemungkinan besar bakal pilihnya BMW yang sudah nyantol di ingatan mereka. Namun ingat, strategi ini harus dilakukan secara konsisten. Dalam kata lain, BMW harus mensponsori waralaba tersebut selama beberapa tahun berturut-turut agar awareness terbangun secara sempurna.

Hal ini sama halnya dengan seperti apa UniPin yang acapkali lakukan, yakni membangun brand awareness di mata pegiat esports melalui berbagai tajuk proyek kolaborasi UniPin dengan berbagai platform esports ternama.

Kami berharap teman-teman yang dengerin nantinya bisa tertarik bisa berkontribusi untuk industri esports , supaya nantinya industri esports Indonesia bisa lebih maju lagi, tutup Debora.

Jangan lupa pantengin terus media sosial UniPin, apalagi sudah dekat dengan tanggal ulang tahunnya. Jangan sampai ketinggalan event dan promo menarik dari UniPin, ya!


Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station.

Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungi UniPin! Proses cepat dan harga murah!

Pastikan untuk mengikuti perkembangan terbaru dan berita gaming lainnya di akun sosial media kami:
Facebook: UP Station Indonesia
YouTube: Upstation Media
Twitter: @upstationmedia
Instagram: @upstation.media

Yuk gabung di grup Discord kami!
Discord: UniPin Official Community

Topik Menarik