Loading...
Loading…
Cara Daftar MyPertamina, Aplikasi Wajib Beli Pertalite atau Solar

Cara Daftar MyPertamina, Aplikasi Wajib Beli Pertalite atau Solar

Teknologi | hybrid.co.id | Rabu, 29 Juni 2022 - 23:50

Masih bingung cara daftar MyPertamina buat beli Pertalite? Jangan khawatir, ini cara lengkap dan daftar kota yang wajib pakai aplikasi.

Pertamina sebentar lagi akan memulai peraturan baru terkait pembeli Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar subsidi. Karena mulai 1 Juli 2022 mendatang, para pembeli 2 jenis BBM tersebut akan mulai diwajibkan untuk menggunakan aplikasi MyPertamina.

Aturan baru ini ditetapkan karena Pertamina menganggap masih banyak konsumen yang sebenarnya tidak berhak tetap menggunakan Pertalite maupun Solar. Sehingga dengan aplikasi ini Pertamina dapat mencocokkan data penguna.

Lalu, bagaimana cara mendaftar MyPertamina agar berhak membeli Pertalite dan Solar subsidi? Berikut adalah langkah-langkahnya: Cara Daftar MyPertamina Image Credit: mypertamina Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya Buka website subsiditepat.mypertamina.id Di sisi kanan website cari dan klik Daftar Sekarang (Catatan: Pendaftaran baru dibuka pada 1 Juli 2022 mendatang) Ikuti instruksi dalam website tersebut Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

Baca Juga :
Mengenal Aplikasi MyPertamina, Begini Cara Pakainya

Kembali mengingatkan bahwa pendaftaran baru bisa dilakukan pada tanggal 1 Juli mendatang. Dan untuk tahap pertama daerah-daerah yang akan mewajibkan penggunaan MyPertamina antara lain:

Pulau Jawa Kota Bandung Kota Yogyakarta Kota Ciamis Kota Tasikmalaya Kota Sukabumi

Pulau Sumatra Kota Bukit Tinggi Kab. Agam Kota Padang Panjang Kab. Tanah Datar

Pulau Kalimantan Kota Banjarmasin

Pulau Sulawesi Kota Manado Image Credit: Pertamina

Guna melancarkan pendaftaran nantinya, Pertamina mengimbau agar para pengguna yang mendaftar adalah konsumen yang memang berada di wilayah-wilayah atau sering berpergian ke daerah-daerah yang disebutkan di atas.

Nantinya, para pengguna yang telah berhasil terdaftar akan mendapatkan kode QR khusus yang bisa di- scan saat melakukan pembelian Pertalite atau Solar subsidi di SPBU Pertamina.

Baca Juga :
Ahli IT Ragu Aplikasi MyPertamina Siap Digunakan, Ini Alternatifnya

Kode QR ini berfungsi untuk menunjukkan bahwa data pengguna telah cocok dan memang berhak untuk membeli Pertalite dan Solar subsidi. Selanjutnya konsumen dapat melakukan transaksi di SPBU secara normal. Dan seluruh transaksi yang dilakukan akan tercatat secara digital di aplikasi MyPertamina.

Meski demikian, pihak Pertamina menjelaskan bahwa kewajiban penggunaan aplikasi MyPertamina untuk pembelian Pertalite dan Solar akan dilakukan secara bertahap di beberapa wilayah terlebih dahulu.

Original Source

Topik Menarik

{
{