Turki Dukung Aksesi Swedia dan Finlandia ke dalam NATO, Begini Reaksi AS

Turki Dukung Aksesi Swedia dan Finlandia ke dalam NATO, Begini Reaksi AS

Teknologi | jitunews.com | Rabu, 29 Juni 2022 - 14:00
share

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden Joe Biden mendukung kesepakatan yang akan memungkinkan Finlandia dan Swedia untuk bergabung menjadi anggota NATO. Joe Biden juga memainkan peran di belakang layar dalam negosiasi antara kedua negara Nordik itu dengan Turki. Hal tersebut disampaikan oleh seorang pejabat senior AS yang tidak disebut namanya kepada wartawan, pada Selasa (28/6).

Seperti diberitakan sebelumnya, Turki akhirnya memberikan dukungan terhadap rencana Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO pada KTT blok militer negara-negara barat yang digelar di Madrid, Spanyol.

Dikutip Reuters, pejabat yang berbicara kepada wartawan dengan syarat anonim itu mengatakan bahwa Joe Biden sudah berbicara kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tentang rencana Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO.

Pejabat itu mengatakan perjanjian itu akan memungkinkan perluasan aliansi 30-anggota dan menandai "perubahan laut yang signifikan dalam postur keamanan."

"Turki tidak menekankan tuntutannya soal pesawat tempur canggih Amerika, untuk dimasukkan dalam negosiasi," kata pejabat itu.

Biden dan Erdogan diperkirakan akan bertemu di sela-sela KTT pada hari Rabu ini (29/6).

Topik Menarik