Mengenal Aplikasi MyPertamina, Begini Cara Pakainya

Mengenal Aplikasi MyPertamina, Begini Cara Pakainya

Teknologi | BuddyKu | Selasa, 28 Juni 2022 - 23:15
share

JAKARTA, celebrities.id - Aplikasi MyPertamina dan cara memakainya banyak dicari netizen. Perlu diketahui, sebuah kebijakan baru yang akan dibuat oleh pemerintah. Badan Pengatur Hilir dan Gas Bumi (BPH Migas) bersama PT Pertamina dikabarkan tengah membuat dan menyusun kebijakan mengenai penyaluran bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yakni solar dan pertalite.

Kebijakan tersebut akan berjalan dengan memanfaatkan fitur dari aplikasi MyPertamina. Dalam hal rencana penyaluran Solar dan Pertalite agar tepat sasaran, aplikasi MyPertamina akan digunakan untuk mendata dan membatasi pembelian pelanggan atas jenis BBM tersebut.

Untuk itu, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu MyPertamina yang telah dirangkum oleh celebrities.id dan dilansir dari berbagai sumber Selasa (28/6/2022).

Apa Itu Aplikasi MyPertamina?

Aplikasi MyPertamina merupakan aplikasi layanan keuangan digital yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan Pertamina. Dengan adanya aplikasi tersebut sebenarnya fungsinya hampir sama dengan platform lainnya seperti, Ovo, Dana, dan lain sebagainya.

MyPertamina dapat digunakan untuk membeli beberapa produk buatan Pertamina, termasuk BBM. Layanan transaksi akan dilakukan secara nontunai, dan My Pertamina akan beroperasi dengan platform LinkAja. Untuk memiliki akun MyPertamina, pengguna dapat mengunduh aplikasinya terlebih dahulu melalui Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

Cara Pakai MyPertamina untuk Beli Pertalite

Agar dapat membeli BBM subsidi dengan menggunakan aplikasi My Pertamina, langkah awal yang wajib dilakukan adalah mengunduh aplikasi tersebut di Google PlayStore (Android) dan AppStore (iPhone).

Setelah aplikasi terunduh, selanjutnya pengguna wajib melakukan registrasi dan wajib menghubungkan akun LinkAja yang dimiliki ke aplikasi MyPertamina. Tidak hanya LinkAja, pengguna juga bisa menggunakan metode pembayaran lainnya seperti kartu debit.

Ini cara untuk membeli Pertalite melalui aplikasi MyPertamina:

1. Unduh aplikasi MyPertamina di AppStore dan PlayStore

2. Registrasi dengan memasukan data diri, nama, nomor telepon, tanggal lahir, dan atur kode PIN Anda

3. Aktivasi MyPertamina dengan memasukan kode OTP yang dikirim melalui SMS ke nomor yang sudah didaftarkan tadi

4. Login kembali dengan nomor telepon dan PIN yang sudah dibuat sebelumnya

5. Setelah masuk, tautkan akun MyPertamina dengan akun LinkAja yang dimiliki dan pastikan saldo LinkAja cukup untuk melakukan transaksi

6. Jika saldo sudah tersedia, pembelian BBM bisa dilakukan pada halaman untuk dengan mengklik opsi Bayar

7. Arahkan kamera ponsel ke mesin EDC SPBU Pertamina dan scan QR Code yang ditampilkan pada mesin tersebut

8. Jika jumlah liter dan harga telah muncul dan sesuai, konfirmasi pembelian dengan klik Bayar, masukkan PIN akun LinkAja, setelah itu Anda akan menerima notifikasi bahwa pembayaran telah berhasil.

Topik Menarik